Health

Manfaat Oatmeal Untuk Bayi

By  | 

Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan bayi Anda. Sajikan oatmeal untuk MPASI Si Kecil.

Sebenarnya, Mamas sudah bisa mulai memperkenalkan oatmeal pada bayi usia enam bulan. Namun tetap perhatikan teksturnya ya, Mamas! Sesuaikan dengan usia dan kemampuan bayi Anda, jangan terlalu lembut/cair ataupun terlalu kasar/kental (baca: Resep MPASI: Banana Oats Porridge).

Berikut ini adalah manfaat oatmeal bagi kesehatan Si Kecil:

1.Nutrisi tepat bagi bayi dengan alergi gluten

Bayi yang alergi gluten tidak boleh mengonsumsi biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, dan barley meski mengandung nutrisi penting. Tapi tak perlu khawatir, karena Si Kecil masih bisa makan gandum, yang bebas gluten dan memiliki vitamin dan mineral yang sama dengan biji-bijian esensial. Oatmeal membantu meningkatkan nilai gizi dari diet bebas gluten, yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi pada bayi.

2.Menghindari sembelit

Karena oat kaya serat, oat dapat membantu mengatasi sembelit. Pakar medis merekomendasikan gandum sebagai bagian dari makanan ketika Si Kecil mengalami sembelit.

3.Meningkatkan kekebalan tubuh

Oat mengandung sejenis gula yang disebut beta-glukan yang dianggap dapat meningkatkan produksi sel yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Jadi, berikan oat secara teratur pada Si Kecil untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, yang tentunya sangat baik bagi bayi yang sedang tumbuh.

4.Dapat membantu mengurangi peradangan

Oat mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan karena berbagai alasan, termasuk infeksi dan luka. Bayi yang memiliki beberapa penyakit autoimun mungkin mendapat manfaat dari sifat anti-inflamasi gandum.

5.Meningkatkan sensitivitas insulin

Bayi yang lahir dengan diabetes tipe-1 bawaan, oats diketahui dapat mengurangi resistensi insulin. Artinya tubuh menggunakan insulin yang disuntikkan dengan lebih baik, hingga mengurangi efek diabetes.

6.Makanan vital untuk bayi dengan GERD

Salah satu pilihan pengobatan untuk bayi dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah pemberian makanan padat berupa bubur yang lebih kental. Oatmeal dianggap sebagai alat pengental makanan yang aman dan sehat untuk bayi seperti dengan GERD. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares