Mind

Enam Cara untuk Meredakan Rasa Cemas Menjadi Mama

By  | 

Menjadi seorang mama bisa sangat memengaruhi sisi emosional kita. Ada kegembiraan, ketakutan, frustrasi hingga gangguan kecemasan.

“Secara mental, kecemasan bisa terasa seperti kepala Anda terasa sangat penuh. Perasaan yang datang dengan kecemasan seringkali cukup negatif dan berbasis ketakutan: sedih, takut … itu adalah perasaan di luar kendali” jelas psikoterapis Anna Mathur

Secara fisik, yang terjadi saat kita merasa cemas adalah sistem saraf Anda merespon untuk melawan atau lari. ”Jantung Anda mungkin mulai berdebar-debar, napas Anda pendek-pendek, dan Anda mungkin merasa mual atau gemetar. Ini adalah cara sistem saraf Anda untuk membuat tubuh Anda siap bekerja, karena menurutnya Anda berisiko,” tambah Anna, yang juga seorang penulis buku Mind Over Mother dan mama dari tiga orang anak.

Bila rasa cemas mulai menyerang Anda, maka menurut Anna, yang bisa Anda lakukan adalah:

1.Singkirkan Mr. Google

“Berhati-hatilah saat Anda mencari solusi untuk meredakan kecemasan yang Anda alami ini. Ingat, Mr. Google bukan teman Anda, dan forum untuk diagnosa gejala tidak akan membantu Anda karena ada begitu banyak tanggapan yang berbeda. Hal ini justru ditakutkan hanya akan membuat Anda bingung dan semakin cemas. Sebaliknya, berbicaralah dengan sahabat, suami, atau anggota keluarga yang berpengalaman.”

2.Pergilah ke luar

“Semakin banyak penelitian yang diterbitkan, menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi perasaan cemas, stres, dan depresi. Beberapa hari yang lalu, setelah berada di dalam ruangan untuk menulis dan bersama anak-anak, begitu suami pulang, saya segera berlari selama sepuluh menit mengitari sekitar rumah. Pikiran saya berubah dari cemas menjadi segar.”

3.Take a breath

“Saya pikir teknik pernapasan sangat bagus untuk mengatasi gejala kecemasan. Ini membantu menenangkan sistem saraf Anda saat Anda merasa cemas. Ia berkata pada tubuh Anda, ‘Semuanya baik-baik saja. Anda tidak sedang terancam’. Gunakan ini setiap kali Anda stres atau frustrasi. Bernapaslah dengan mantap, dalam empat hitungan melalui hidung, langsung ke perut Anda. Kemudian keluarkan melalui mulut Anda sampai hitungan ke delapan. Mulailah dengan empat pengulangan dan tingkatkan saat Anda merasa lebih percaya diri.”

4.Menghitung

“Menghitung mundur dari 100 sebanyak tiga kali adalah cara yang bagus untuk menghentikan diri Anda dari terlalu banyak berpikir dan menenangkan pikiran Anda. Tidak ada yang bisa menghitung mundur dari 100-an sambil membayangkan semua hal yang membuat cemas.”

5.Cek kafein Anda

“Jika Anda rentan terhadap kecemasan, penting untuk mengetahui bahwa kafein memicu pelepasan adrenalin dan menstimulasi sistem saraf. Perhatikan bagaimana perasaan Mamas saat mengonsumsi kafein. Perhatikan apakah Anda menyadari peningkatan dalam pikiran atau perasaan cemas setelahnya? Jika Anda melihat ada kaitannya, maka Anda mungkin perlu mengurangi atau menghentikan asupan kafein Anda.”

6.Temui ahlinya

Bila cara di atas tak meredakan rasa cemas Anda. Maka berkonsultasi pada ahlinya mungkin adalah solusi yang paling tepat bagi Anda. Tak perlu merasa segan atau malu. Anda tak sendiri Mamas. Menjalani peran sebagai seorang mama sudah pasti sangat membahagiakan, namun tentunya juga melelahkan dan terkadang sangat menguras emosi. (Tammy Febriani/KR/Doc. Freepik)  

Shares