Health

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil dengan Beragam Menu MPASI

By  | 

Tak cukup dengan nutrisi yang seimbang, menu MPASI Si Kecil pun sebaiknya beragam.

Mamas yang buah hatinya sedang memasuki masa MPASI, mungkin ada masanya merasa bosan dengan menu MPASI yang itu-itu saja, namun bingung mau mengolah makanan apalagi untuk Si Kecil.

Karena itu, sebaiknya kita memang harus lebih kreatif dan aktif dalam berburu informasi tentang apa saja sumber nutrisi seimbang yang bisa diolah untuk Si Kecil.

Dr. dr. Dian Pratamastuti SpA dari National Hospital Surabaya mengatakan, bahwa menu MPASI yang variatif sangatlah disarankan. “Untuk Si Enam Bulan, jangan hanya berkutat pada satu menu saja. Masih banyak pilihan lain untuk bubur susu.”

Dr. dr. Dian Pratamastuti SpA menjelaskan tentang serba-serbi MPASI.

Menu MPASI harus Beragam

“Selain tepung beras putih, mamas juga bisa memberi Si Kecil tepung kacang hijau, beras merah, labu kuning ataupun kentang,” tambah dr. Dian di sela-sela acara talkshow Nuby ‘Teman Makan Minum Si Kecil’.

Pemberian MPASI juga sebaiknya jangan hanya mengutamakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat saja ya mams, namun lengkapi juga dengan protein hewani agar nutrisinya seimbang.

Memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil di masa pertumbuhan menurut dr. Dian dapat mencegah Stunting, kondisi tubuh yang gagal tumbuh sehingga tubuh anak menjadi pendek.

“Setelah melewati tahap mengonsumsi bubur susu, di hari kedua mamas bisa menambahkan hati ayam dan daging cincang di hari kelima,” saran dr. Dian di acara yang diselenggarakan di National Hospital – Surabaya.

“Jangan terlalu banyak memberi Si Kecil buah dan sayur. Kedua makanan ini akan membuat Si Kecil mudah kenyang dan tak mau makan lagi,” urainya.

Lagipula, di usia tersebut, Si Kecil belum bisa mencerna kedua makanan ini dengan sempurna. Mamas bisa melihat dari BAB – nya. Saat Si Kecil banyak makan wortel, maka warna BAB – nya akan berwarna oranye seperti wortel.

Tantangan Mama dengan Bayi MPASI

Tak hanya itu saja tantangan para mamas dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sang anak. Selain menu, masalah GTM (Gerakan Tutup Mulut) juga kerap ditemui para mamas pada anaknya.

Nah, menurut dr. Dian, rasa MPASI juga bisa memengaruhi hal ini. “Bagi Si Kecil yang telah berusia 8 bulan, mamas bisa menambahkan sedikit garam dan gula untuk menambahkan rasa pada MPASI Si Kecil. Namun untuk bayi di bawah 8 bulan, mamas bisa mengakali rasa dengan menambahkan daun salam misalnya, agar rasa MPASI lebih gurih.”

Dwi Ariani menjelaskan tentang Nuby dan kelebihannya.

Selain itu, perlengkapan makan dengan bentuk dan warna yang menarik dikatakan juga bisa lho mams, menarik minat Si Kecil untuk makan.
Nuby, brand perlengkapan makan – minum anak asal Amerika yang terbuat dari material berkualitas dan BPA free, memahami hal ini.

“Memiliki desain yang menarik namun juga fungsional, perlengkapan makan dan minum Nuby akan membantu mama dan Si Kecil melewati proses pengenalan MPASI menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” terang Dwi Ariani selaku Brand Manager Nuby Indonesia.

Dwi Ariani juga menerangkan bahwa selain perlengkapan makan – minum Si Kecil, Nuby juga memiliki Garden Fresh, rangkaian perlengkapan yang dapat digunakan mamas untuk mengolah dan menyimpan MPASI Si Kecil. Jadi, mamas dapat membuat sendiri MPASI homemade buatan mamas yang tentunya kandungan nutrisinya dapat dikontrol oleh Anda sendiri.

Gracia Yunita saat sharing bagaimana ia biasanya mengolah MPASI dengan Nuby Garden Fresh.

Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 28 Februari 2019 lalu ini juga dihadiri oleh Gracia Yunita, mama tiga orang anak yang sempat menghadapi anak pertamanya yang melakukan GTM. Disini Gracia mengatakan bahwa GTM menjadi tantangan baginya untuk kemudian lebih aktif mencari tahu tentang serba-serbi MPASI. Selain memcari banyak informasi dari para mama lainnya, ia juga mengatakan bahwa Nuby Garden Fresh banyak membantunya dalam mengolah MPASI bagi anak kedua dan ketiganya.

Salah satu pemenang doorprize.
Para peserta roadshow Nuby ‘Teman Makan Minum Si Kecil’.

Roadshow Nuby ‘Teman Makan Minum Si Kecil’ yang diselenggarakan di kota Surabaya ini merupakan kota pertama yang kami kunjungi, untuk berbagi informasi mengenai serba – serbi MPASI bagi para mamas. Nantikan kami di tiga kota berikutnya ya, mamas! Kota selanjutnya yang akan kami kunjungi adalah kota Medan pada tanggal 28 maret mendatang. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama.com, iStockphoto.com)

Shares