Beauty & Style

DIY Facial Wash Untuk Kulit Sensitif

By  | 

Kulit wajah yang sensitif memang sangat menyiksa, tidak boleh menggunakan makeup atau skincare sembarangan atah wajah  akan gatal, merah, dan panas. Berikut ini adalah 2 resep DIY face wash untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. 

Aloe Vera Facial Wash

Bahan yang dibutuhkan:
50 ml aloe vera gel
30 ml minyak almond
30 ml sari air mawar
5-10 tetes minyak lavender
1 kapsul vitamin E oil (tambahan)
Botol tempat penyimpanan

Cara membuat:
Campurkan semua bahan di atas menjadi satu dan simpan di wadah tertutup.

Cara pakai:
Basahkan terlebih dahulu wajah, kocok larutan pembersih muka sebelum dipakai. Aplikasikan secukupnya ke wajah dan gosok dengan lembut selama 30 detik, bilas dengan air hangat.

453124175_XS

Manfaat aloe vera face wash:
Aloe vera mengandung antioksidan yang baik untuk kulit wajah, mengurangi kemerahan pada wajah, dapat meredakan reaksi alergi pada kulit sensitif, dan memberi kelembapan maksimal pada wajah.
Minyak almond mengandung banyak vitamin, meredakan iritasi pada kulit sensitif, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, mengembalikan pH normal pada wajah. Air mawar mengandung kandungan antioksidan yang tinggi, mengurangi kemerahan pada kulit, antiseptik natural, mengangkat kotoran dan minyak pada wajah. Minyak lavender mengandung antibakteri, antiseptik, dan bersifat menenangkan pada kulit. Vitamin E adalah pelembap alami untuk kulit, antioksidan, dan meredakan perih pada kulit wajah sensitif.

 

 

Rice Water Face Wash

Bahan yang dibutuhkan

  • Beras putih organik
  • Air bersih
  • Wadah

Cara membuat:

1. Ambil 2 sendok makan penuh beras putih organik dan tempatkan pada mangkok atau wadah.
2. Cuci beras di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran diberas.
3. Rendam beras dengan air bersih. Enggak perlu terlalu penuh, cukup sampai beras terendam aja. Diamkan selama 20 menit.
4. Setelah air berubah keruh, pisahkan air dengan beras. Air inilah yang akan  digunakan.
5. Bersihkan wajah dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air beras, lalu cuci wajah dengan sisa air beras.
6. Biarkan wajah kering dengan sendirinya dan air beras terserap ke kulit.
7. Ulangi tahap 5 dan 6, sampai air beras habis.

rice-water

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur. Anda  juga bisa coba beras tipe lainnya, lho! Karena kandungan nutrisi dan vitamin pada setiap tipe beras pasti berbeda, seperti pada beras merah, beras coklat, atau beras hitam. Yang terpenting adalah tipe berasnya organik, supaya terhindar dari kandungan pengawet dan pemutih buatan. Selamat mencoba! (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares