Finance

Tip Mudah Meningkatkan Tabungan

By  | 

Sebagian orang sangat disiplin dalam menabung, sebagian lainnya justru kesulitan saat harus menyisihkan gajinya untuk ditabung. Jangankan menaikkan jumlah uang yang akan ditabung, bisa menabung 10% dari pendapatan per bulan saja susahnya bukan main. Namun terlepas dari semua itu, sebenarnya kita telah menyadari pentingnya memiliki tabungan bukan, Mams? Dan setelah berkeluarga, menabung seharusnya bukan lagi suatu ‘wacana’, namun sudah menjadi kewajiban utama. Menabung untuk keperluan darurat, pendidikan anak, hingga masa pensiun adalah hal yang sangat penting. Karena itu, sudah sepatutnya Anda disiplin dalam menabung, dan bahkan bisa menaikkan jumlah tabungan yang disetorkan setiap beberapa waktu tertentu. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan jumlah tabungan dengan nilai yang semaksimal mungkin, sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Lalu bagaimana caranya? Simak tip dari Smart Mama berikut ini ya Mamas!

  • Menyisihkan lebih banyak. Jika misalnya, Anda menyisihkan Rp. 500.000/bulan untuk ditabung, maka mulai bulan depan, Anda bisa mulai menetapkan nominal tabungan Anda lebih besar dari sebelumnya.Atau apabila sebelumnya Anda menyisihkan 10% dari gaji Anda, maka mulai bulan depan Anda bisa menyisihkan 15 – 20% dari gaji. Jangan terlalu jauh jumlahnya dari nominal tabungan Anda sebelumnya ya, Mamas. Hal ini untuk memberikan waktu bagi Anda untuk menyesuaikan kondisi keuangan.
  • Disiplin dalam hal keuangan. Disiplin dalam menabung sangatlah penting, apalagi bila tabungan itu memang untuk keperluan dana pensiun atau dana darurat. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan yang tak penting. Seperti membeli gaun idaman yang sedang sale misalnya.
  • Pilih deposito. Bila tabungan Anda memang sudah cukup lumayan, daripada ditabung dalam bentuk tabungan biasa, lebih baik Anda mulai mengalihkan tabungan tersebut ke dalam bentuk deposito. Selain karena keuntungan bunganya yang lebih tinggi, risiko uang tersebut terpakai juga lebih kecil.
  • Menabung dalam bentuk investasi. Pilihan yang paling mudah adalah menabung dengan investasi dalam bentuk emas atau dolar. Karena nilai keduanya cenderung selalu meningkat. Walau tak menutup kemungkinan harga emas atau dolar turun, namun secara umum nilai investasinya semakin tinggi. Otomatis nilai tabungan Anda akan semakin mudah bertambah.
  • Sisihkan tabungan di awal bulan. Jangan membiasakan diri menabung di tengah-tengan atau akhir bulan. Yang ada nantinya, bukannya memenuhi target nominal tabungan yang diinginkan, yang ada justru nominal yang Anda tabung jumlahnya hanya ‘sekedarnya’ saja. Jadi, biasakan diri untuk menyisihkan gaji Anda untuk ditabung begitu Anda menerima gaji ya, Mamas. Dengan begitu, jumlah uang yang Anda tabung bisa sesuai target. Lebih baik sedikit ‘hemat’ di masa sekarang daripada harus ‘sangat hemat’ di masa pensiun nanti bukan? (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares