Mind

Celebrating Mama’s Life at MomFest 2022

By  | 

Bertempat di Samisara Grand Ballroom, Jakarta, MomFest merupakan acara tahunan yang diadakan oleh komunitas MoM Academy yang merupakan bagian dari Mothers on Mission (MoM) dan FAB Indonesia, platform bisnis kreatif dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan memiliki jaringan terpercaya serta kuat dengan memberdayakan brand maupun komunitas.

Mengangkat tema #CelebratingMoM5, acara yang digelar pada tanggal 18 Mei 2022 lalu ini, dihadiri oleh lebih dari 300 peserta secara offline dan online, serta dimeriahkan oleh public figure dan para ahli di bidangnya, antara lain Dessy Ilsanty (psikolog), Adrian Maulana (public figure), Rista Zwastika (financial Planner) dan masih banyak lagi.

Keseruan acara sangat dirasakan oleh para peserta yang hadir, mulai dari dresscode warna-warni color block yang menghibur mata (dan melambangkan betapa berwarnanya kehidupan para Mom), booth para sponsor yang menawarkan beragam diskon dan layanan yang dikerubungi oleh para mama, playground khusus anak, booth merchandise MoMA yang dibanjiri pemesan, sampai performa band Randy and the Soulmates yang membawakan lagu-lagu pilihan khusus perempuan. Para mama yang hadir lewat Zoom juga diajak tour virtual untuk melihat ruangan acara, para tamu offline, booth, playground, sehingga bisa merasakan keseruan yang sama.

Dalam kesempatan tersebut, CEO Mothers on Mission dan MoM Academy, Widya Safitri menyampaikan bahwa bukan kebetulan #CelebratingMoM5 menjadi tema MomFest kali ini. #CelebratingMoM5 adalah perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke 5, sekaligus perayaan bagi para mama di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi dan justru makin berkembang bersama terutama dengan tergabungnya mereka dalam komunitas.

Widya juga memaparkan hasil survei yang menghangatkan hati di mana hasil survei Mei 2022 yang diadakan oleh MoM Academy terhadap 681 moms di Indonesia, terlihat sekali peran besar Mom pada ketahanan keluarga sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

Menurut survei tahun 2021, presentase mama yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30% karena berbagai alasan, salah satunya adalah pasangan yang kehilangan pekerjaan.

Widya juga menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para mama di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik dan bahkan sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital. Di tahun ini pula para mams sudah mulai memiliki dana cadangan dan berani berinvestasi.

Acara talkshow di Momfest 2022 kali ini juga mengundang Rista Zwestika selaku perencana keuangan dari Finansialku bagaimana mengajak Moms untuk menjadi seseorang yang independent, terutama dalam hal keuangan. Data yang disampaikan Rista pun kurang lebih sama dengan hasil survei MoM Academy di mana tahun 2021 kontribusi perempuan pada keuangan keluarga bahkan mencapai 50%!

Dessy Ilsanti dan Adrian Maulana, pasangan suami istri yang diundang di Momfest 2022 berbagi soal pengalaman mereka dalam menjaga keutuhan dan kebahagiaan keluarga selama 21 tahun. Bagaimana menjaga komunikasi serta pengertian dan dukungan satu sama lain.

Menurut Dessy dan Adrian, dalam sebuah pernikahan perlu ada visi dan misi yang sama sehingga tercipta komitmen dan inilah yang akan menjadi penjaga keutuhan keluarga. Adrian pun menambahkan bahwa suami harus memahami kebutuhan istri, apalagi untuk istri yang menjadi full time mama dimana kesehariannya sibuk mengurus keluarga. Suami harus mampu menjaga mental dan kebahagiaan istrinya. 

Dengan adanya selebrasi MomFest #CelebratingMoM5 ini diharapkan para perempuan Indonesia terutama mams menjadi makin percaya diri dan bersemangat dalam mengembangkan diri serta keluarganya. (Karmenita Ridwan/Dok: MomFest)

Shares