Finance

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Kartu Kredit

By  | 

Tak semua mama punya kartu kredit. Salah satunya adalah sepupu saya. Ia tak berani membuat kartu kredit karena takut jadi boros atau tak mampu mengendalikan nafsu belanjanya. Padahal banyak manfaat baik dari kartu kredit lho (baca : 9 Manfaat Positif Kartu Kredit) dan sebetulnya ada cara tepat memakainya (baca: Tip Bijak Menggunakan Kartu Kredit). Nah, jika Anda tertarik ingin membuatnya namun masih bingung akan memiliki kartu kredit yang seperti apa, simak ulasan Smart Mama berikut. Mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

1. Kenali berbagai jenis kartu kredit. Setiap bank penerbit memiliki ragam kartu kredit yang bisa dimiliki sesuai kebutuhan. Umumnya jenisnya adalah:
– Kartu kredit standar. Biasanya memiliki limit yang tidak tinggi dan hanya bisa digunakan untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari.
– Kartu kredit premium. Limit maksimal hutang yang bisa ditanggung kartu kredit ini lebih besar dari kartu kredit standar dan memiliki tambahan keuntungan, misalnya asuransi tertentu.
– Kartu kredit khusus. Biasanya bank penerbit bekerja sama dengan sebuah perusahaan seperti departemen store atau penerbangan untuk mengeluarkan kartu kredit ini. Tapi kartu ini hanya bisa dipakai di tempat tertentu saja.
– Kartu kredit dengan poin. Setiap kali bertransaksi dengan kartu ini, Anda akan mendapatkan sejumlah poin tertentu yang bisa ditukar dengan hadiah seperti voucher belanja, voucher restoran, atau potongan harga untuk pembelian barang atau makanan tertentu.

2. Ketahui syarat dan ketentuannya. Setiap kartu kredit memiliki limit per bulan sekaligus biaya tahunan. Namun kebanyakan bank penerbit memiliki promo gratis biaya iuran di tahun pertama kepemilikan. Nah, sesudah promo berakhir maka Anda harus membayar iuran tahunan yang jumlahnya berbeda-beda. Anda juga perlu mengetahui berapa denda per bulan jika Anda terlambat membayar tagihan ya, Mamas. Sebaiknya pilih bank penerbit yang memiliki denda terkecil dan minimum pembayaran yang sesuai kemampuan Anda.

3. Pilih bank penerbit dengan reputasi baik. Jangan sampai salah dalam memilih bank yang akan mengeluarkan kartu kredit Anda lho. Sebaiknya cari bank yang sudah memiliki nama cukup besar dan kerap mengadakan kerja sama dengan banyak tenant sehingga aman dari likuidasi. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares