Education

Manfaat Mengajarkan Anak Pekerjaan Rumah Tangga

By  | 
Di usia balita, Anda ternyata mulai bisa lho mengajarkan ia beberapa pekerjaan rumah tangga. Tanpa disadari Anda sudah menanamkan rasa tanggung jawab dan  ia pun mengerti bagaimana cara mengerjakannya.
1. Membereskan kamar. Biasakan anak-anak membereskan kamar segera ia setelah bangun. Melipat selimut, menarik seprei supaya rapi dan jangan biarkan ia meninggalkan baju kotor sembarangan. Ajarkan Si Kecil untuk selalu menaruhnya di keranjang baju kotor. Dengan demikian kamar tidak berantakan. Begitu pula mainan hendaknya dikembalikan ke tempatnya semula.
2. Membersihkan rumah. Si Kecil dapat juga diajarkan cara membersihkan debu dengan menggunakan kemoceng. Yang penting bukanlah bersihnya perabot atau hasil pekerjaannya melainkan membiasakan anak membantu pekerjaan rumah. Jika Si Kecil sudah lebih besar, Anda bisa meminta tolong untuk belajar menyapu dan mengepel lantai.
3. Mencuci piring. Sehabis memasak atau makan, ajarkan Si Kecil mencuci piring sendiri. Jika ia masih berusia tiga tahun, ajarkan anak Anda membantu mengelap piring atau sendok yang basah. Tapi jangan piring yang terbuat dari bahan pecah belah.
4. Mencuci baju. Jika anak Anda masih terlalu kecil ajari ia untuk menyortir baju. Misalnya, memisahkan baju putih dan baju berwarna. Jika Si Kecil sudah lebih besar, ajarkan ia membantu melipat pakaian yang bersih.
5. Membersihkan halaman. Untuk membuat rumah tampak asri dan bersih, Si Kecil dapat diberi tugas mengurus halaman. Seperti, menyiram tanaman, memotong rumput, dan menyapu daun yang rontok. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares