Health

Dea Ananda dan Kisahnya Menjalani Program Kehamilan

By  | 

Selebriti Mama Dea Ananda dan sang suami, Andi Ariel Harsya Azhar (Ariel Nidji), sebelumnya sempat cukup lama menantikan kehadiran buah hati. Bukan hal yang mudah bagi keduanya, namun Dea dan Ariel tak pernah menyerah untuk menjalani program kehamilan (promil).  

“Setelah 12 tahun menjalani rumah tangga, pada akhirnya saya dan suami dikaruniai seorang anak. Saat menjalani promil, saya menjalaninya seperti beriwisata, rileks,” ujar Dea Ananda tentang pengalamannya menjalani promil di sela-sela acara Bocah Fertility Week 2023 (BFW 2023), di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Dea, sebelumnya ia dan Ariel sempat mengunjungi beberapa dokter untuk menjalani promil sejak 2018 lalu. Namun, karena satu dan lain hal, tak ada yang cocok. Tentunya tak mudah menghadapi hal ini. Hingga akhirnya, Dea memutuskan untuk rehat sejenak sambil mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. 

“Selama satu tahun rehat untuk urusan program hamil, aku memperbaiki lifestyle. Tak hanya rileks pikiran dan memperbaiki makanan, tapi olahraga juga. Hingga akhirnya aku kepikiran untuk bayi tabung lagi dan berjodoh di Bocah Indonesia,” ujar penyanyi berusia 37 tahun ini.

Dea juga mengatakan bahwa ketika menjalani promil, segala tes dan program lainnya tidak cukup hanya dilakukan oleh calon mama saja, namun juga Si Calon Papa. Karena masalah kesuburan ini tak selalu hanya dialami oleh wanita, namun juga bisa dialami oleh pihak laki-laki. Jadi tak hanya Dea, Ariel pun juga melakukan berbagai pemeriksaan.

“Ternyata tak hanya saya, suami juga harus di cek. Pas suami saya di cek, wah bermasalah juga. Ia pun harus melakukan berbagai treatment selama tiga bulan,” lanjut mama dari anak perempuan bernama Sanne El Azhar, yang kini berusia 16 bulan.

“Jadi sepenting itu (memeriksa kondisi kesuburan suami-istri). Tidak mungkin hanya perempuannya saja yang diperiksa, tapi laki-lakinya juga harus melakukan pemeriksaan. Karena ternyata banyak sekali masalah yang juga ada pada laki-laki dan hal itu tidak akan bisa diketahui kalau tidak dilakukan pemeriksaan oleh androlog,” terangnya.

Dea pun memberikan semangat pada pasangan yang sedang menanti buah hati, untuk terus semangat menjalani program kehamilan.

“Apapun yang kalian rasakan, itu normal. Semuanya tidak ada yang pasti. Semuanya kita serahkan pada Tuhan. Cuma, kita harus percaya. Saya sendiri tidak mau berhenti percaya, karena kalau kita percaya, Tuhan tidak akan diam,” ucapnya.

Selain itu, Dea juga mengatakan bahwa komunikasi yang baik dengan pasangan juga sangat penting dalam melewati masa-masa ini. “Bersama pasangan, kita juga harus terbuka dan saling menguatkan dalam berbagai kondisi,” Tutupnya.

Bocah Fertility Week 2023 (BFW 2023) adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Klinik fertilitas Bocah Indonesia yang diadakan dalam rangka memperingati World Fertility Day yang jatuh setiap tanggal 2 November. Diselenggarakan selama satu pekan, yakni dari 30 Oktober 2023 (online) hingga pada puncaknya 4 November 2023 yang digelar secara offline dengan menghadirkan para expert dalam bidang fertilitas, influencer, dan selebriti. Acara ini memadukan edukasi mulai dari dasar fertilitas hingga edukasi mengenai program hamil dan penunjangnya yang mencakup parenting, finansial, seksualitas, psikologis hingga pemenuhan gizi seimbang. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Dea Ananda, Bocah Indonesia)

Shares