Beauty & Style

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Sunscreen?

By  | 

Polusi yang semakin memburuk dan sinar matahari dengan level indeks UV yang terus meningkat mengakibatkan paparannya dapat merusak lapisan kulit terdalam (epidermis) hingga level DNA.

Rutinitas padat di luar rumah dengan berbagai aktivitas yang terpapar sinar matahari tentu tidak dapat dihindari. Tak bisa dianggap enteng, penggunaan sunscreen saat ini sangat disarankan untuk melindungi kulit. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena paparan langsung sinar UV yang berkelanjutan pada kulit nantinya dapat mengakibatkan banyak keluhan pada kesehatan kulit Mamas.

Perlu Mamas pahami, sunscreen juga merupakan kunci utama dari penggunaan rangkaian skincare untuk proteksi agar tidak terjadi kerusakan kulit (kulit terbakar, kusam, peradangan jerawat, penuaan dini, bahkan kanker kulit) karena kerusakan kulit sudah mencapai level DNA kulit.

Penggunaan sunscreen minimal SPF 30+ setiap 2 jam diharapkan dapat bekerja secara maksimal agar rangkaian skincare yang digunakan dapat efektif memberikan manfaat secara optimal.

Lalu kapan sebaiknya sunscreen dapat diaplikasikan pada wajah?

Beberapa sumber mengatakan agar penggunaan skincare dapat dilakukan setelah penggunaan moisturizer, namun ada juga yang menyarankan berbeda.

dr. Sari Chairunnisa, Sp.Kk, VP Research & Development PT Paragon Technology and Innovation menjelaskan, bahwa penggunaan sunscreen ini disarankan diaplikasikan pada rangkaian paling akhir skincare.

“Ada orang yang menggunakan skincare pertamakali setelah mencuci wajah. Ada pula yang menggunakan foundation dulu atau serum dulu. Namun sebaiknya sunscreen digunakan pada bagian akhir urutan skincare atau make up,” jelasnya.

Mengaplikasikan sunscreen di tahap akhir penggunaan skincare atau make up diharapkan agar sunscreen dapat bekerja dengan maksimal untuk melindungi kulit.

dr. Sari juga menyarankan bagaimana cara menggunakan sunscreen pada wajah. “Mamas dapat meletakkan sunscreen pada bagian ujung kedua jari Mamas (telunjuk dan jari tengah), lalu aplikasikan sunscreen tersebut menggunakan kedua jari tersebut secara merata,” ujarnya di sela-sela acara Peluncuran Wardah UV Shield Sunscreen Serum beberapa waktu lalu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)


Shares