Health

Berbagi Pelukan Cinta untuk  Kulit Lembut Balita Indonesia

By  | 

Interaksi orangtua dengan anak sejak masa golden age hingga usia lima tahun memiliki dampak besar terhadap proses tumbuh kembang anak. Dan ini bisa dilakukan dengan banyak cara, yaitu dengan komunikasi tatap muka yang menyenangkan, memberikan sentuhan, termasuk pelukan. Hal ini bisa menjadi bagian dari stimulasi untuk balita lho, Mamas to be.

MamyPoko, produk popok sekali pakai dari Unicharm, menyadari pentingnya ungkapan cinta dengan pelukan hangat dan sentuhan selembut kulit bayi bagi keluarga Indonesia. Berdasarkan studi dari Unicharm Jepang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang terhadap mama dan bayi usia dini antara tiga hingga lima bulan, menunjukkan keampuhan sentuhan orangtua pada anaknya. Studi tersebut dilakukan untuk memverifikasi mengenai interaksi pelukan ibu dan bayi dalam posisi menggendong bayi guna mempelajari hubungan antara pelukan mama terhadap perasaan nyaman, serta perasaan bahagia melalui pengukuran denyut jantung.

BON_7835A
Studi membandingkan pelukan yang diberikan oleh mama kepada bayi dengan bernapas normal dan dengan bernapas dalam-dalam. Ketika mama bernapas dalam, pelan, dan intens, terjadi penurunan interval denyut jantung yang menimbulkan peningkatan rasa tenang dan relaks hingga tiga kali lipat dibandingkan jika mama memeluk bayi sambil bernapas biasa.

Selain itu studi ini membandingkan efek rasa nyaman dan bahagia yang timbul sebelum dan setelah mama memeluk bayinya. Setelah berpelukan, efek rasa nyaman dan bahagia meningkat menjadi sampai dengan 106% dibandingkan dari kondisi sebelum berpelukan. Fenomena peningkatan kenyaman dan kebahagiaan ini tidak hanya terjadi pada hanya salah satu pihak saja melainkan kepada keduanya yaitu mama dan bayinya.

MamyPoko_6103
Memilih produk popok sekali pakai yang memeluk lembut di kulit merupakan salah satu cara orangtua memberikan kenyamanan untuk si Kecil. Faktor penting dalam pemilihan popok adalah untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan terlindungi dari risiko iritasi. MamyPoko dengan inovasi produk yang selalu berkembang untuk memenuhi kebutuhan mama dan bayi Indonesia tetap fokus untuk memberikan perlindungan yang begitu lembut di kulit demi kenyamanan si Kecil.

Memahami kondisi kesibukan mama baik di rumah ataupun bekerja sehingga terkadang hanya sedikit waktu untuk melakukan interaksi skin-to-skin dengan Si Kecil, MamyPoko ingin mengingatkan kembali pentingnya memberikan sentuhan cinta dan kelembutan bagi Si Kecil. Untuk itu, MamyPoko menggelar rangkaian kegiatan MamyPoko Love Touch baik online dan offline sebagai bentuk perayaan dan ungkapan cinta untuk bayi Indonesia.

MamyPoko_6072
Memulai rangkaian acara ini, MamyPoko memasang video yang menangkap kejadian sehari-hari ibu yang masih berjarak meskipun berada dekat dengan si bayi, dan butuh waktu untuk bisa memberikan sentuhan cinta pada bayinya. Selain itu, MamyPoko juga mengajak keluarga Indonesia untuk saling berbagi kelembutan sentuhan cinta melalui kelembutan MamyPoko kepada bayi yatim piatu, dengan mengumpulkan ribuan foto pelukan cinta bertagar #mamypokolovetouch yang nantinya akan dihitung sebagai jumlah popok yang akan disumbangkan ke panti asuhan Yayasan Sayap Ibu.

Jumlah donasi ini nantinya akan diakumulasi dari jumlah pelukan yang berhasil dikumpulkan pada Pokojang Hug Meter yang ada di acara puncak kegiatan MamyPoko Love Touch di Mall Central Park sepanjang 22-25 September 2016.

Tak hanya itu, MamyPoko mengajak seluruh mama untuk bisa merasakan langsung pengalaman dunia penuh kelembutan di area Pokojang Land, di mana si kecil dapat merasakan kelembutan permainan mandi bola lembut, bermain di Jembatan Musik Pokojang, Pertunjukan Boneka Pokojang, gratis cotton candy, gratis photo booth, dan games lainnya.​

20160922_153035-1

Dalam acara ini keluarga Indonesia dengan balita dapat berbagi kasih sayang,  dengan cara memeluk Pokojang Hug Meter di MamyPoko Pokojang Land, dan si kecil dapat merasakan kelembutan permainan mandi bola lembut, bermain di Jembatan Musik Pokojang, Pertunjukan Boneka Pokojang, gratis cotton candy, gratis photo booth, dan games lainnya. Tiap satu pelukan sama dengan berbagi satu popok untuk balita yatim piatu. Selain dapat berbagi pelukan di Pokojang Land, keluarga Indonesia dengan anak balita juga bisa ikut serta berdonasi dengan sharing foto pelukan cinta di media sosial (Facebook) dengan hashtag #mamypokolovetouch. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di www.mamypokolovetouch.com.

Untuk memeriahkan rangkaian kegiatan #mamypokolovetouch di Mall Central Park pada 23 September lalu, hadir aktris Laura Basuki dan desainer Ria Miranda. Laura Basuki menjelaskan pentingnya pelukan lebih dari ekspresi cinta orangtua terhadap anaknya. “Cinta sudah pasti ada, pelukan adalah bonus dari cinta yang memberikan ketenangan,” katanya. Pelukan bagi Laura sudah menjadi kebiasaan. Sejak putranya, Owen Gani Sandjaja (8 Bulan), lahir, Laura sering memberikan sentuhan dan pelukan skin to skin. Kebiasaan tersebut membuat Owen lebih tenang, bahkan bisa meredakan demam. “Pelukan penting sekali dan sentuhan seorang mama kepada bayinya sangat berdampak terhadap anak. Sesibuk apa pun mama yang bekerja, berkarier, atau banyak sekali pekerjaan lain untuk menghidupi keluarga, anak tetap butuh perhatian utuh dari mamanya. Anak tidak selalu perlu materi, tapi mereka juga butuh perhatian. Pagi sebelum pergi bekerja, mama bisa memeluk, mengobrol, bermanjaan, itu sudah sangat berarti untuk anak. Beda rasanya kalau anak dipeluk sayang dengan mamanya sendiri, anak hafal aroma tubuh kita, detak jantung kita, walau hanya lima menit berpelukan itu sangat berarti.” Urainya.

new edit

Laura juga mengapresiasi aksi berbagi popok untuk balita yatim piatu yang digagas oleh Unicharm dalam rangkaian kegiatan #mamypokolovetouch.

Menurut mama satu anak ini, berbagi pelukan bersama Pokojang di Pokojang Land MamyPoko merupakan aksi sederhana yang sangat berarti untuk orang lain. “Sebenarnya memeluk adalah hal lumrah, mama biasa memeluk anak, namun jika dengan memeluk kita bisa memberikan satu popok untuk balita yatim piatu, hal kecil ini sangat berarti untuk orang lain. Barangkali hal biasa untuk kita, tapi bagi orang lain yang membutuhkan perhatian kita ini akan sangat berarti,” katanya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Mamy Poko)

Shares