Finance

6 Celebrity Mama/Papa Ini Memilih untuk Hidup Hemat!

By  | 

Mamas, mengelola uang memang tricky dan harus super hati-hati. Meski sekarang Anda dan keluarga relatif berkecukupan, namun tak ada salahnya menanamkan gaya hidup hemat dan simpel pada keluarga. Kita tidak pernah tahu masa depan kan? Gaya hidup frugal 6 selebriti berikut bisa dijadikan inspirasi, walaupun secara finansial mereka mapan, namun tetap memilih untuk cermat dalam mengelola keuangan. Tapi ingat ya Mams, hemat bukan berarti pelit, lho.

Keira Knightley

Aktris asal Inggris yang juga mama dari dua orang anak ini memiliki kekayaan mencapai 60 juta dollar. Tak heran, Ia mulai menekuni dunia acting sejak tahun 1995. Dan Ia juga pernah masuk nominasi Oscar untuk film Pride & Prejudice, serta The Imitation. Namun Ia memilih untuk bergaya hidup sederhana dan berbelanja di Tesco yang dikenal menjual barang-barang dengan harga murah. Dalam interviewnya dengan Glamour Magazine Ia mengatakan, “living an [expensive] lifestyle means you can’t hang out with people who don’t live that lifestyle.”

Inspirasi: Yuk Mams, mulai sekarang Anda menghitung pengeluaran, dan mencoba untuk lebih berhemat dengan memilih tempat belanja yang tepat. Gaya hidup yang simpel bisa membuat mamas bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan manapun.

Dave Grohl

Di saat para selebriti papan atas membeli mobil sports mewah, vokalis band Foo Fighters yang juga mantan personil Nirvana ini memilih family car yang memuat 5 orang. Pada Red Bulletin, Ia mengatakan bahwa seluruh pendapatan yang diperoleh langsung masuk ke dalam akun tabungannya. Satu-satunya “hal mewah” yang Ia miliki adalah 606, studio musik miliknya yang berada di kawasan San Fernando Valley, Los Angeles.

Inspirasi: Mengeluarkan budget ekstra hanya untuk hal yang sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan. Dave adalah seorang musisi, investasi baginya adalah studio dan alat musik. Sementara untuk gaya hidup, Ia tetap sederhana. Begitu pula dengan mamas, lakukan investasi besar hanya untuk hal-hal yang menunjang pekerjaan.

Kate Middleton

Sebagai seorang princess dan calon ratu Inggris, tampilan Kate selalu dinanti oleh publik. Namun demikian, Ia tidak ragu untuk menggunakan pakaian yang sama di acara yang berbeda. Padahal, jarang sekali public figure yang bersedia tampil dengan outfit yang sudah pernah mereka gunakan sebelumnya. Trik dari Kate adalah mengganti aksesori atau topi yang dikenakan sehingga tampilannya tetap berbeda meski mengenakan pakaian yang sama.

Inspirasi: Tampil stylishbukan berarti harus boros lho, Mams. Invetasikan sebagian uang Anda untuk membeli fashion items basic, dan gunakan kreativitas untuk mix & match barang-barang tersebut agar mamas tampil beda setiap harinya.

Mark Zuckerberg

Papa dua anak, yang juga founder dari Facebook ini diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 80 Milyar dollar. Saat ini merupakan orang terkaya ke-5 di dunia. Namun gaya hidup Mark dan keluarga sangat jauh dari kekayaan yang dimilikinya. Ia selalu tampil sederhana hanya dengan jeans, t-shirt dan hoodie. Dilansir dari Business Insider, Ia dan sang istri terlihat berbelanja di Costco, sebuah tempat belanja perkulakan yang dikenal menjual barang-barang dengan harga miring.

Inspirasi: Jika seorang bilyuner sekelas Mark Zuckerberg saja bisa bergaya hidup sederhana dan hemat. Tentu saja kita juga bisa ya, Mams, coba review ulang lifestyle mamas dan keluarga, mungkin ada budget tidak perlu yang bisa dihindari. Dan tak ada salahnya, mulai sekarang belanja di tempat yang harganya miring.

Mila Kunis

Siapa yang sangka dibalik tampilannya yang selalu catchy, istri dari Ashton Kutcher ini ternyata termasuk salah satu selebriti mama yang hidup hemat. Dalam sebuah interview dengan Conan O’brien, mama dua anak ini mengatakan, Ia membeli cincin kawinnya di etsy.com, seharga 90 dollar!

Inspirasi: Jangan menilai sesuatu dari harganya, melainkan dari kegunaannya. Dengan cincin kawin seharga 90 dollar, tidak mengurangi kesakralan sebuah pernikahan, kan?

Julia Roberts

Dengan penampilannya yang selalu sempurna, tak ada yang menyangka, aktris senior dan mama 3 anak ini hidup sederhana. Tak hanya itu, dengan nilai kekayaannya yang mencapai 400 juta dollar, Julia justru lebih suka berbelanja baju di toko second dan sangat menyukai barang vintage. Ia juga mengajarkan anak-anaknya untuk tidak membuang makanan.

Inspirasi: Belanja di toko second super seru lho, Mams! Kapan lagi bisa dapat barang unik dengan harga miring? Dan Mams, kebiasaan kita hidup sederhana, bisa menjadi contoh untuk Si Kecil juga, lho.

Banyak yang bilang, biaya hidup itu tidak mahal, namun gaya hidup yang membuatnya menjadi mahal. Mungkin ada benarnya juga ya…Tak ada salahnya mulai sekarang kita review kembali lifestyle kita dan hidup lebih simpel. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares