Pleasure

Must Watch: Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti

By  | 

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini merupakan bagian terakhir dari trilogi cerita keluarga Narendra dalam dunia Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini yang meliputi film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI – 2020) dan Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (2023).

Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti menghadirkan secara paralel awal kisah cinta Narendra (Jourdy Pranata) dan Ajeng (Yunita Siregar) yang datang dari status sosial berbeda serta perjuangan Angkasa (Rio Dewanto) dan Lika (Agla Artalidia) menghadapi titik genting dalam pernikahan mereka.

Dengan latar tahun 1987 dan 2023, film ini mempertemukan masa lalu dan masa kini dengan benang merah dua laki-laki yang terikat hubungan darah namun berbeda pandangan tentang hidup dan pernikahan.
Dalam dua film sebelumnya dari dunia NKCTHI, tersaji eksplorasi karakter dan bagaimana mereka berjuang menghadapi masalah hidup yang tidak ringan. Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti terutama mengangkat perjuangan Narendra, Ajeng muda, Angkasa, dan Lika dengan pergulatan batinnya masing-masing.

Narendra muda menjalani hidup yang tak mudah sementara Narendra tua berhadapan dengan hubungan keluarga yang rumit. Masa kecil Angkasa ditandai dengan trauma mendalam yang terus membayangi hingga ia beranjak dewasa, hingga mempengaruhi    hubungan dengan istrinya, Lika.

Di sela-sela premier film ini aktor Rio Dewanto sebagai pemeran Angkasa berujar, “Sosok Angkasa ibaratnya ingin menggantikan sosok ayah  dan dia yang akan bertanggung jawab akan adik-adiknya. Bebannya cukup berat. Dia punya mimpi yang lebih besar tapi punya adik yang sedang tumbuh dewasa dan dengan problem masing-masing. Mau tak mau dia harus ikut terlibat dan setelah itu dia memutuskan pindah ke Bali untuk punya hidup baru, walau tiba-tiba dia juga  menghadapi masalah.”

Sutradara Angga Dwimas Sasongko sekaligus kreator dari dunia NKCTHI menambahkan, “Angkasa yang mengungkapkan apa yang dia rasakan di film pertama, pergi ke London di film kedua, serta memutuskan untuk menikah dan pindah ke Bali di film ketiga, itu adalah proses tumbuhnya. Pendekatan ini berlaku untuk semua karakter dan berkaitan dengan proses hidup, bagaimana seseorang bereaksi dan merespons situasi.”

Kehidupan para karakter dalam Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti yang tengah menghadapi masalah pelik digambarkan dengan apik oleh para pemerannya. Agla Artalidia berbagi bahwa dalam waktu syuting ia sengaja bersikap tidak terlalu akrab dengan Rio Dewanto untuk menghadirkan situasi kaku dan dingin yang tengah dihadapi karakter Angkasa dan Lika.

“Mengobrol seperlunya saja supaya saya bisa membangun suasana kikuk, sementara saya justru mendekatkan diri dengan Ayah [Donny Damara] untuk sebuah adegan yang menyentuh,” terang Agla.

Jourdy Pranata juga berbagi bahwa ia dan Yunita Siregar menciptakan masa lalu demi mendalami karakter Narendra muda dan Ajeng muda. “Cukup sulit karena sudah ada ekspektasi akan sosok Narendra tapi mengasyikkan karena kami diberi ruang dan kebebasan untuk membuat pengalaman Ajeng dan Narendra muda. Masa kami adalah soal Narendra dan Ajeng yang menciptakan keluarga dan menghancurkan tatanan  yang ada.”

Yang membuat film-film dari dunia NKCTHI ini istimewa dan jadi favorit banyak penontonnya adalah karena tidak banyak film Indonesia yang berhasil menghasilkan potret keluarga realistis serta disfungsional. Angga sukses menyajikan ini, cerita keluarga yang simpel tapi penuh kompleksitas. Kehilangan dan menemukan cinta, itu yang membuat cerita Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti menarik dan istimewa.

Jangan lewatkan penayangan perdana film ini hanya di Netflix mulai hari ini, 27 Juli 2023! (Tammy Febriani/KR/Doc. Netflix)

Shares