Health

Turunkan Kolesterol dengan 6 Makanan ini!

By  | 

Tahukah Anda mamas, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia? Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebabnya.

Jantung adalah organ yang memompa darah ke seluruh tubuh. Agar tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Namun, bila aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak, maka orang tersebut dikatakan mengalami penyakit jantung koroner. Jantung koroner adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis.

Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Bila seseorang sering merasakan gejala seperti nyeri pada dada bagian tengah dan menjalar hingga ke lengan kiri atau bahkan leher dan punggung, terasa mual, dan berkeringat dingin maka bisa jadi dia menderita penyakit jantung koroner.

Faktor pemicu jantung koroner meliputi hipertensi, obesitas, usia dan jenis kelamin, keturunan, gaya hidup tidak sehat (merokok, minuman beralkohol, tidur larut malam, malas berolahraga), dan kadar kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan gaya hidup yang sehat. Selain berolahraga, menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda juga sangat penting.

Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya mamas mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

1.Oatmeal

Menyantap oatmeal untuk sarapan adalah salah satu cara termudah untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Oatmeal atau havermut mengandung beta-glucan, semacam serat yang dapat menurunkan kolestrol jahat sebanyak 7% jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dapat terjadi karema adanya lebih dari 50 macam nutrisi yang terkandung dalam oatmeal. Mulai dari serat, protein, vitamin B1, B2, B3, kalsium, magnesium, hingga zat besi, oatmeal tidak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga dapat menstabilkan gula darah, dan membantu kesehatan pencernaan.

2.Dark Chocolate

Camilan manis tentu saja adalah godaan terberat bagi Si Kolesterol Tinggi. Berhenti begitu saja untuk tidak ngemil tentunya sangat berat. Karena itu, kami menyarankan mamas untuk mengganti camilan manis tadi dengan dark chocolate. Dark chocolate mengandung serat, zat besi, magnesium, dan mineral lainnya. Kandungan flavonoid di dalamnya juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kestabilan kolesterol dalam darah dengan meningkatkan HDL Anda.

3.Ikan Salmon

Ikan salmon segar kaya akan lemak baik omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan salmon juga dapat meningkatkan kolesterol baik HDL. Namun batasi konsumsi salmon sebanyak 1-2 kali saja perminggu ya mams, karena mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan juga dapat meningkatkan level lemak jahat LDL.

4.Kacang Almond

Kacang almond terkenal dengan kandungan lemak baik, serat, protein, magnesium, dan vitamin E yang sempurna untuk menahan lapar dan menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, almond juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah. Almond kaya akan L-arginine, semacam amino acid yang melancarkan produksi nitric oxide dalam tubuh dan meregulasi tekanan darah serta phytosterolsyang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.

5.Buah-buahan

Buah apel, anggur, dan stroberi mengandung serat pectin yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL sebanyak 10%. Kandungan bioaktif dan antioksidan pada ketiga buah ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain ketiga buah ini, alpukat juga merupakan salah satu buah terbaik yang dapat menurunkan kolestrol. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh dan serat yang bisa menurunkan lemak jahat LDL dan meningkatkan lemak baik HDL. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi satu buah avokad setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL.

6.Teh

Yes mamas, teh hijau dan teh hitam memiliki dua kandungan yang penting untuk menstabilkan kolesterol. Catechin yang mengaktivasi nitric oxide untuk menyehatkan tekanan darah, dan quercetin yang bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan inflamasi. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares