Health

Manfaat Baby Spa bagi Bayi

By  | 

Bagi orang dewasa, spa bisa mendatangkan rasa rileks dan nyaman pada tubuh. Sedangkan bagi bayi, tenyata manfaat spa lebih besar dari itu lho, Mams!

Mamas sudah bisa mengajak Si Kecil melakukan baby spa ketika usianya menginjak 3 bulan, atau memiliki berat badan di atas 5 kilogram. Baby spa yang terdiri atas terapi hidro (berenang) dan juga pijat bayi ini relatif aman dilakukan. Kedua treatment ini masing-masing memakan waktu selama 15 menit – 30 menit.

Nah, sebelum melakukan baby spa, sebaiknya Mamas mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaatnya bagi Si Kecil, seperti:

1.Melancarkan peredaran darah bayi.

Gerakan tanpa tekanan ketika berada di dalam air, membuat bayi Anda bebas melakukan gerakan-gerakan yang dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan jantungnya. Hal ini juga membantunya terhindar dari stres dan selalu ceria.

2.Melancarkan pencernaan.

Baby spa juga diketahui dapatmelancarkan pencernaan bayi. Pencernaan yang sehat akan membuat nafsu makannya meningkat.

3.Meningkatkan kualitas tidur. 

Baby spa dapat menstimulasi jaringan otot menjadi lebih lentur, kuat, dan sehat sehingga bayi terhindar dari kejang otot, nyeri persendian, dan pegal-pegal. Kondisi ini dapat membuat bayi cepat tertidur pulas dan tak mudah rewel.

4.Membuat bayi merasa rileks.

Sama hanya dengan orang dewasa, pijatan lembut dapat membuat tubuhnya melepaskan hormon endorfin dan oksitosin yang berguna agar tubuh bayi menjadi terasa ringan, rileks, dan nyaman.

Baby spa

5.Memperbaiki sistem pernapasan bayi. 

Berenang akan mendukung sistem pernapasan bayi jadi lebih lancar dan sehat. Hal ini karena ketika bayi berusaha bergerak, ia merasakan rasa nyaman, percaya diri dan tak takut di dalam air hingga denyut jantungnya normal dan pernapasan bayi menjadi teratur.

6.Melatih kemampuan motorik. 

Efek positif dari aktivitas baby spa dapat membuat bayi aktif melakukan pergerakan dan mempertebal rasa percaya dirinya saat ia akan belajar merangkak dan berjalan.

7.Mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Pemijitan yang diimbangi dengan belajar terapung di dalam air pada baby spa dapat meningkatkan kesehatan, kepadatan tulang, dan merangsang pertumbuhannya. Karena program dari baby spa adalah melatih tulang dan ototnya agar selalu sehat.

8.Menurunkan kadar stres.

Treatment pada baby spa mampu mengaktifkan kinerja neurotransmitter serotin dengan meningkatkan sel reseptor yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mempertebal adrenalin. Kondisi ini dapat menurunkan kadar hormogen adrenalin atau rasa stres berlebihan pada bayi.

9.Meningkatkan bonding. 

Baby spa dapat membuat ikatan batin antara Anda dan bayi jadi semakin kuat karena adanya komunikasi yang terjalin selama treatment. Ia akan menangkap gerakan pijat dan stimulasi yang dilakukan sang mama saat berenang merupakan wujud kasih sayang Anda yang tulus kepadanya.

Lakukan baby spa secara rutin setidaknya sebanyak dua kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares