Style

Persiapan Sebelum Melakukan Newborn Photography

By  | 

Newborn photography kini hadir sebagai salah satu pilihan yang dapat dilakukan sejak bayi dilahirkan. Smartmama bertanya kepada profesional fotografer, Diana Widjaja, founder Creatink Moments , penyedia jasa fotografi untuk toddler & keluarga yang sejak 1 tahun lalu menyediakan fasilitas khusus newborn untuk menjawab keraguan mamas – aman tidak sih, melakukan hal ini?

Foto newborn dengan berbagai pose sesaat setelah dilahirkan begitu populer belakangan ini. Lalu timbul pertanyaan: Aman tidak sih buat bayi? Bagaimana penjelasannya?

Kita selalu ‘tango’ with the baby, kalau baby nya menolak posisi tertentu tidak akan dipaksakan. Jadi, as long as the baby is well supported khususnya along the neckline, its safe. Kita juga tidak akan menjanjikan posisi tertentu ke orangtuanya, we communicate with the baby. Bayi usia 4-14 hari juga masih mempunyai fleksibilitas yang tinggi, seperti posisi di rahim ibunya, dan kita mengusahakan proses foto cepat sehingga tidak mengganggu kenyamanan mereka. Saya juga telah mengambil sertifikasi melalui Ana Brandt newborn photographer untuk menguasai teknik fotografi bayi. Jadi bisa dipastikan aman ya, Mamas.

Foto newborn tsb berlaku untuk bayi dengan usia berapa saja?

Paling baik saatbayi berusia 4-14 hari karena tingkat fleksibilitas masih tinggi. Kita menerima bayi dengan usia yang lebih tua dari 2 minggu, tapi tentu posisinya tidak akan sama dan bukan kategori newborn.

Apa saja yang harus dipersiapkan oleh orangtua sebelum mengajak Si newborn berfoto?

Pada waktu yang disetujui, orangtua perlu menyiapkan bayi agar sudah dalam keadaan kenyang dan tidak haus, serta menyiapkan ASI di dalam botol jika sewaktu – waktu dibutuhkan. Biasanya dari pihak fotografer akan menyiapkan set dan kostum yang telah disepakati; jadi yang terpenting adalah kesiapan bayinya agar sehat dan well feed saat sesi foto berlangsung.

Dari pihak tim fotografer, apa saja yang dilakukan untuk membuat Si newborn tetap nyaman selama sesi foto?

Perlu diingat bahwa tim fotografer akan tetap mengikuti alurnya si bayi, jadi akan kami siapkan waktu untuk menyusui jika diperlukan. Posisi akan disesuaikan dengan kenyamanan mereka, dan ada asisten yang akan berjaga – jaga untuk membantu. Biasanya, saya selalu berdua dengan asisten pada sesi foto berlangsung.

Berapa lama durasi sesi fotonya, dan apakah bisa dilakukan di rumah?

Sekitar 1-2 jam tergantung berapa tema yang disepakati, dan kita mengusahakan tidak lebih dari 2 jam untuk kenyamanan si bayi sendiri. Yes, Creatink Moments menyediakan sesi home service untuk dilakukan di rumah.

Apakah orangtua bisa mengusulkan tema sesuai yang dipilih, atau tema hanya disediakan oleh tim fotografi?

Tentu saja! Tema didiskusikan bersama, akan tetapi apabila booking disaat bayinya sudah lahir maka menyesuaikan dengan tema yang kita punya. Karena untuk custom kostum, paling tidak kami memerlukan waktu sekitar 1 bulan. (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Creatinkmoments)

Shares