Health

Mitos dan Fakta Air Kelapa Bagi Calon Mama

By  | 

Air kelapa dikatakan akan memberikan begitu manfaat baik apabila diminum secara teratur oleh calon mama. Mitos atau fakta?

Dari membuat kulit bayi menjadi putih bersih, hingga menebalkan rambut bayi, beberapa mitos berikut ini perlu Anda ketahui faktanya.

1.Menghidrasi tubuh calon mama

Fakta: Air kelapa mengandung elektrolit dan nutrisi lainnya. Namun bukan berarti saat hamil kebutuhan cairan tubuh hanya dipenuhi dari minum air kelapa saja, mamas. Bagaimanapun juga, mengonsumsi air putih dengan jumlah yang disarankan adalah cara yang terbaik untuk menghidrasi tubuh Anda. Calon mama sendiri membutuhkan cairan sekitar 2.400 ml per hari atau minum minimal 8-10 gelas air setiap harinya.

2.Air kelapa bisa memicu naiknya asam lambung

Fakta: Air kelapa tidak menyebabkan naiknya asam lambung selama kehamilan. Heartburn yang muncul karena naiknya asam lambung bisa terjadi karena perut yang membesar menekan usus sehingga bisa menghambat proses pencernaan.

3.Membuat rambut bayi tebal

Fakta: Tebal atau tidaknya rambut bayi ditentukan oleh faktor genetik ya, mamas. Jadi, sama sekali tidak ada hubungannya minum air kelapa saat hamil bisa membuat rambut Si Kecil nantinya tebal dan kuat. Selain genetik, faktor lainnya yang bisa memengaruhi kesehatan rambut Si Kecil adalah asupan Si Kecil. Bila nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil terpenuhi, maka kesehatan rambutnya pun akan baik.

Penuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya. Asam lemak, karbohidrat, protein, selenium, vitamin C, yang didapat dari seafood, susu, telur, kacang, dan alpukat, akan sangat membantu.

4.Bisa membuat kulit bayi bersih

Fakta: Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan rutin minum air kelapa ketika hamil bisa membuat kulit bayi mulus dan bersih. Perlu Anda pahami bahwa kondisi kulit bayi ketika lahir dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, nutrisi yang diasup mama selama hamil dan berbagai faktor lainnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares