Health

Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Kuku Si Kecil

By  | 

Mengajarkan anak untuk terbiasa mejaga kebersihan dan memelihara kesehatan tubuhnya sendiri semenjak usia dini sangat disarankan. Dengan begitu kebiasaan baik ini akan terus terbawa hingga Ia dewasa nanti.

Yes mamas, merawat gigi Si Kecil bisa dimulai bahkan sejak Ia belum tumbuh gigi. Begitu pula menjaga kebersihan kukunya. Jangan sampai terlalu panjang sehingga dapat melukai kulitnya atau kukunya kotor sehingga banyak kuman.

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anak, ada beberapa hal yang perlu mama perhatikan, seperti:

1.Memilih sikat gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut yang dirancang untuk menyikat gigi bayi atau anak.

2.Memegang sikat gigi. Jika Si Kecil masih kesulitan memegang sikat gigi, cobalah pilih skat gigi yang pegangannya lebih tebal.

3.Mengajari anak cara menyikat. Ajarkan cara menggosok gigi pada Si Kecil dengan cara yang paling sedehana  Mintalah bantuan dokter gigi Si Kecil jika perlu. Cara lain adalah dengan memandu Si Kecil menyikat giginya dengan ikut memegang tangan anak untuk memandunya.

4.Menggunakan pasta gigi dengan fluoride.Gunakan pasta gigi dengan fluoride dan rasa yang disukai anak. Sebaiknya tetap orang dewasa yang harus selalu meletakkan pasta gigi di sikat gigi anak.

Note:

Untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun: Gunakan sedikit pasta gigi fluoride (atau jumlah seukuran sebutir beras).

Untuk anak-anak usia 3–6 tahun: Gunakan pasta gigi fluoride seukuran kacang polong.

Jika Si Kecil tidak bisa meludah: Mintalah anak memiringkan mulutnya sehingga pasta gigi bisa menetes keluar dari mulutnya. Karena fluoride dalam pasta gigi tidak boleh ditelan, pastikan untuk mengawasi anak saat menyikat. Ketika dia cukup besar, katakan padanya untuk mengeluarkan pasta gigi setelah menyikat.

Libatkan anak dalam menyikat. Gunakan timer, lagu pendek, atau berhitung sebagai permainan untuk mennemangati anak dalam menyikat gigi selama 2 menit.

Nuby Tooth & Gum Care Set

Nuby Tooth & Gum Care Set merupakan rangkaian sikat gigi anak dari brand Nuby. Nuby merupakan brand asal Amerika untuk berbagai perlengkapan kebutuhan anak seperti perlengkapan makan – minum, menyapih, hingga perlengkapan mandi.

Nuby Tooth & Gum Care Set terdiri dari 4 sikat gigi yang mencakup semua kebutuhan dental hygiene anak dari baru lahir hingga lebih dari 1 tahun. Adapun beberapa stage yang tesedia adalah:

Stage 1: Extra soft silicone massager and gum cleaner for delicate newborn gums

Pembersih gusi dan lidah yang terbuat dari silikon ekstra lembut khusus untuk gusi bayi baru lahir yang sangat sensitif.

Stage 2: Soft gum massager for older gums and newly erupted teeth

Pembersih gusi untuk saat bayi sudah mulai tumbuh gigi

Stage 3: Massages and helps clean gums and teeth during the teeting process

Membersihkan gusi dan gigi pada saat bayi mulai memasuki tahap “teething”

Stage 4: Soft nylon bristles gently clean baby’s new teeth

Sikat gigi berbahan nylon untuk membersihkan gigi bayi

Menjaga Kebersihan Kuku dengan Nuby Groom Set Clip Scissors

Selain kesehatan giginya, kebersihan kuku juga jangan sampai terlewat dari perhatian Anda.  Memang sih menggunting kuku Si Kecil bisa dibilang tak mudah. Karena itu pilhlah gunting kuku khusus bayi yang akan memudahkan Anda memotong kuku Si Kecil.

Nuby Groom Set Clip Scissors merupakan rangkaian alat potong kuku khusus anak. Mamas bisa menggunakan perlengkapan ini  sejak usia newborn.

Adapun rangkaiannya adalah:

1.Nail Clipper:

Clipper dan pinggiran trimnya yang melengkung diperkecil untuk memudahkan penggunaan pada kuku anak kecil. Potong lurus melintasi kuku kemudian bentuk sesuai kebutuhan.

2.Nail Scissor:

Tip keamanan bundar dan bilah melengkung pendek ditampilkan pada gunting berkualitas tinggi ini, membuat pekerjaan orang tua lebih mudah dalam memotong kuku anak. Potong lurus melintasi kuku kemudian bentuk sesuai kebutuhan.

3.Smooth Emery Boards:

Menghaluskan dan membentuk kuku bayi dan balita difasilitasi oleh papan ampelas yang dirancang khusus ini. Mereka membantu mencegah anak dari menggaruk dirinya sendiri atau orang lain. Semua produk Nuby ™ terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama dan melebihi semua peraturan dan standar keselamatan pemerintah.

Di Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak mamas untuk sharing tentang bagaimana mamas merawat kesehatan gigi Si Kecil? Jawab di kolom comments ya, mams! 5 orang mamas yang beruntung akan mendapatkan produk menarik dari Nuby. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 21 Juli 2019, di Instagram stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Nuby)

Shares