Health

3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Si Kecil Demam

By  | 

Demam pada anak adalah suatu kondisi ketika suhu tubuh anak naik melewati batas normal yang seharusnya. Ketahui bagaimana sebaiknya menghadapi kondisi ini agar lebih tenang.

Seorang anak bisa dikatakan demam apabila suhu tubuh anak lebih dari 37,2 derajat Celsius bila diukur dari ketiak, melebihi 37,8 derajat Celsius bila diukur dari mulut, atau di atas 38 derajat Celsius bila diukur dari dubur.

Untuk mengurangi kekhawatiran mamas, Lakukan tiga hal ini untuk menangani Si Kecil yang sedang demam.

1.Ukur suhu tubuh dengan termometer

Bagi orang tua dengan anak dibawah lima tahun, termometer adalah item yang sangat penting dan wajib ada di setiap rumah. Adanya termometer akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa parah demam yang diderita oleh Si Kecil. Untuk menentukan demam atau tidak, orang tua harus menggunakan termometer, tidak boleh hanya mengandalkan sentuhan telapak tangan Anda di dahi, leher, atau ketiak Si Kecil saja ya, mams. Kami sangat menyarankan agar mamas sebaiknya memilih termoter digital dibandingkan thermometer raksa. Kenapa? Karena termometer digital lebih mudah dibaca dan proses pengukurannya lebih cepat. Pengukuran suhu ini penting untuk mengetahui kapan sebaiknya Si Kecil harus diberikan obat penurun panas atau dibawa ke dokter.

2.Kompres Si Kecil

Setelah mamas sudah bisa memastikan apakah Si Kecil demam, maka langkah berikutnya adalah dengan mengompres tubuh Si Kecil yang sedang demam. Kompres menggunakan sapu tangan handuk atau kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat suam-suam kuku untuk membantu meredakan demam Si Kecil. Letakkan kompres di bagian dahi, leher, ketiak, maupun lipatan paha. Pada beberapa kasus, memandikan atau merendam anak dengan air hangat juga bisa dilakukan untuk menurunkan demam Si Kecil.

3.Beri obat penurun panas (apabila diperlukan)

Obat penurun panas sebaiknya selalu tersedia di rumah. Namun sebaiknya mamas memberikan obat ini jika suhu anak lebih dari 38°C. Untuk keamanan, beri Si Kecil obat sesuai dosis yang dianjurkan atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anak Si Kecil ya, mamas!

Perlu mamas pahami, pemberian obat penurun panas pada Si Kecil tidak akan menurunkan demamnya dengan cepat, namun obat ini lebih bertujuan agar Si Kecil merasa nyaman dan mengurangi rewel.

Lollababy Infrared Thermometer

Lolllababy Infrared Thermometer merupakan termometer digital yang bekerja menggunakan teknologi infrared. Dioperasikan menggunakan baterai, termometer ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Cara penggunaannya pun sangat mudah lho mams, yaitu dengan menempelkannya di dahi atau telinga Si Kecil. Jika suhu tubuh Si Kecil normal, maka backlight termometer akan bewarna biru. Namun jika suhu Si Kecil mulai meningkat di atas suhu rata-rata tubuh normal, maka backlight termometer akan berubah menjadi kuning. Selanjutnya, Mamas akan mengetahui bahwa Si Kecil terserang demam ketika backlight termometer berubah menjadi berwarna merah.

Dengan menggunakan termometer digital ini, mamas akan lebih cepat dan juga lebih mudah mengetahui apakah berapa suhu tubuh Si Kecil, dan memahani tindakan apa yang selanjutnya perlu dilakukan.

Tak hanya termometer, Lollababy yang merupakan brand asal Singapura ini juga memiliki produk lain seperti Nail Trimmer, Nasal Aspirator, dan Portable UV Sterilizer yang bisa mamas dapatkan di Lil Needs. Selain sebagai distributor Lollababy di Indonesia, Lil Needs juga merupakan one stop baby and kid store di daerah Pluit, Jakarta Utara. Disebut one stop baby store karena selain baby shop, Lil Needs juga memiliki café and playground for kids di area yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Lil Needs, mamas dapat follow akun Instagram Lil Needs di @lilneeds, atau mengunjungi store Lil Needs di Jl. Pluit Karang Utara No. 135, Jakarta Utara.


Lollababy Nail Trimmer.

Wednesday Giveaway

Nah, bagaimana dengan Anda mams? Sharing yuk, bagaimana sih cara mamas menghadapi Si Kecil yang sedang demam? Adakah hal-hal khusus yang wajib tersedia di rumah?

Jawab di kolom komentar ya.. Dua orang mama yang beruntuk akan berkesempatan mendapatkan satu buah Lollababy Infrared Thermometer senilai Rp. 980.000,- atau satu buah Lollababy Nail Trimmer senilai Rp. 480.000,- dari Lil Needs Baby Shops (biaya pengiriman hadiah ditanggung oleh pemenang ya, mamas). Happy sharing!(Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Lil Needs, iStockphoto.com)

Shares