Finance

Cerdas Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan

By  | 

Mengatur keuangan di bulan Ramadhan terasa lebih sulit dibandingkan bulan – bulan lainnya. Kebutuhan Hari Raya yang tak sedikit, menjadi alasannya.

Bagi mamas atau papas yang merayakan Hari Raya Idul Fitri memang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Walau begitu, bila tak diatur dengan baik cash flow-nya, yang ada Anda malah repot, mengingat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran

Menurut Financial Expert Zabrina Raissa, CSA, ada beberapa hal yang bisa mamas lakukan untuk membantu Anda mengatur keuangan menjelang lebaran, yaitu:

1. Menyusun anggaran keuangan

2. Minimalisir frekuensi berbuka puasa bersama teman-teman yang terlalu sering

3. Buat catatan pengeluaran harian

4. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

5. Temukan solusi hemat melalui belanja online

6. Menyiapkan kebutuhan Ramadhan jauh – jauh hari

7. Kelompokan pengeluaran untuk Hari Raya

8. Berkomitmen dengan anggaran keuangan yang telah dibuat

Dengan menerapkan kedelapan hal ini, tentunya THR Anda tak akan mengalami kesulitan dalam mengatur pengeluaran Anda.


Financial Expert Zabrina Raissa, CSA menjelaskan tentang tips mengatur keuangan menjelang lebaran.

Anggaran Pengeluaran THR

Adapun beberapa pengeluaran ekstra di bulan Ramadhan, seperti zakat dan sedekah, biaya untuk mudik, hingga pakaian dan makanan untuk lebaran tentunya harus sesuai dengan THR yang Anda dapatkan.

“Yang paling penting saat pertamakali mengatur keuangan untuk keperluan Hari Raya adalah prioritaskan dahulu yang paling utama dan paling besar,” saran Financial Expert Zabrina Raissa, CSA di sela-sela acara Sharing Session “Cerdas Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan” supported by Akulaku pada hari Minggu, 12 Mei 2019.

Bagi mamas yang memiliki bayi dan balita, tentunya peran nanny menjadi sangat penting untuk membantu Anda merawat Si Bayi. “Bagi para mama yang memiliki bayi, biaya infall nanny adalah yang paling besar. Karena itu, jangan lupa menyisihkan THR Anda untuk keperluan yang satu ini.”

“Pembagian THR saat bertemu dengan keluarga besar hendakya juga harus disesuaikan dengan kemampuan Anda,” lanjut Financial Expert sekaligus owner dari @beautytravel.id ini.

Solusi Hemat Belanja Online

Seperti disebutkan oleh Zabrina di atas, untuk belanja keperluan lebaran pun, mamas bisa lebih hemat dengan memanfaatkan fasilitas belanja online yang kini tersedia. Selain tak perlu repot keluar rumah, masih banyak kelebihan belanja online yang sebenarnya bisa membuat mamas justru lebih hemat, seperti:

1. Tanpa antri di kasir dan bebas macet

2. Lebih hemat waktu dan tenaga

3. Bisa bebas membandingkan harga termurah

4. Bisa mengetahui testimoni pelanggan tentang produk tersebut

5. Bisa tahu rating penjual serta kualitas produk dari testimoni pelanggan

6. Bisa mendapatkan produk limited stock (tidak pasaran)

7. Banyak promo menarik

8. Tersedia pilihan pembayaran secara cicilan maupun kartu kredit.

Para pemenang doorprize.

Untuk pembayaran secara cicilan, mamas bisa menggunakan layanan cicilan dari Akulaku. Akulaku merupakan perusahaan aplikasi kredit virtual finansial online terbesar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

“Resmi diluncurkan pada tahun 2016, Akulaku memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat cashless dengan cara kredit. Tidak hanya menawarkan layanan finansial kredit online, Akulaku pun memiliki layanan keuangan lainnya yaitu: Akulaku Marketplace, Akulaku Pay Offline dan pinjaman tunai,” terang Anggie Setia Ariningsih, Director of Corporate Affairs & Public Relations Akulaku Indonesia di acara yang berlangsung hari ini di Senayan City.

Mamas tak perlu khawatir dengan kredibilitas Akulaku, karena penyediaan layanan pembiayaan dan perkreditan di Akulaku telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia demi terciptanya ekosistem finansial yang lebih baik.

Para peserta acara Sharing Session “Cerdas Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan” supported by Akulaku.

Akulaku telah bekerjasama dengan 120.000 merchant di seluruh Indonesia dan telah digunakan oleh lebih dari 15 juta pengguna. Bahkan, telah ada 1 juta mamas lho yang membeli kebutuhan rumah tangga melalui cicilan Akulaku.

Bagi mamas yang tak sempat mengikuti Sharing Session Akulaku ini,  mamas bisa mengetahui lebih lanjut tentang Akulaku dengan mengunduh aplikasi Akulaku di smartphone Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama.com)

Shares