Dukungan Utama Untuk Tumbuh Kembang Optimal: “Iya Boleh!”

By  | 

Psikolog klinis Ratih Ibrahim mengungkapkan bahwa untuk mencapai tumbuh kembang optimal, anak – anak membutuhkan tiga faktor utama, yaitu Nutrisi, Stimulasi & Cinta. Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung hal ini?

Ditemui dalam acara Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ dari DANCOW Advanced Excelnutri+ yang berpusat di Yogyakarta (6/4/2019), Drs. Hendra Jamal, M.Si, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mengatakan bahwa orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter generasi mendatang.

Yuk, mulai lakukan tiga langkah berikut untuk mendukung optimalisasi stimulasi Si Kecil, Mams:

  1. Luangkan waktu untuk beraktivitas/bermain bersama anak – anak.
  2. Fokus pada kegiatan yang dilakukan, hadir penuh dengan perhatian utuh.
  3. Lakukan secara konsisten.

Sementara itu di acara yang sama, pakar nutrisi dr. Ayu Kusuma Dewi, M.Si, Sp.GK mengatakan bahwa ketika anak bereksplorasi, ada banyak
tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernafasan dan diare.

Hasil riset menunjukkan 41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2% anak masih sering terkena diare.2 Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Peluncuran Modul “Iya Boleh” di Acara Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ dari DANCOW Advanced Excelnutri+, Yogyakarta.
Rangkaian acara yang berlangsung di Makassar.

Sebagai mitra orangtua dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil, DANCOW merilis Modul “Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia”. Dengan Modul ini diharapkan para orang tua Indonesia dapat terus mendorong si Kecil berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia dengan lima karakteristik kunci, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli dan Berbakat Pemimpin.

Pihaknya telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1 Juta ‘Iya Boleh’ dari orang tua di seluruh Indonesia dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan & mengadakan event di tiga kota sekaligus secara bersamaan yaitu Yogyakarta, Makassar & Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa ada semakin banyak orang tua yang memahami pentingnya dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si Kecil agar dapat tumbuh berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. DANCOW)

Shares