Parenting

Temukan Inspirasi Momen Bonding Bersama Buah Hati di Zwitsaland

By  | 


Sudahkah Anda memiliki kelekatan (bonding) yang kuat dengan buah hati Anda, mamas? Tak dapat disepelekan, bonding dikatakan dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Istilah bonding atau kelekatan semakin sering terdengar saat ini, seiring dengan semakin banyaknya orang tua yang menyadari pentingnya bonding sejak dini bagi tumbuh kembang buah hati. Meski demikian, membangun momen bonding dengan buah hati seringkali menghadapi berbagai tantangan, diantaranya keterbatasan waktu orang tua karena kesibukan terkait banyaknya peran yang harus dijalankan setiap harinya.

Psikolog anak Chitra Annisya menjelaskan manfaat bonding bagi orang tua – anak.

Menurut Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi, dua tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orang tuanya.

“Meski memiliki kesibukan yang padat, orang tua tetap dapat menyiasati minimnya waktu bersama buah hati dengan meluangkan 15-30 menit setiap harinya. Waktu yang singkat ini bila dilakukan secara rutin,  bisa membangun momen bonding dengan anak serta memaksimalkan kualitas interaksi tersebut. Pastikan hal ini berjalan secara konsisten dan berkelanjutan ya, mams,” terang Chitra.

Chitra menambahkan bahwa ada tiga elemen utama untuk menciptakan momen bonding dengan buah hati, yaitu kontak mata, sentuhan serta interaksi (misalnya melalui mengobrol).

“Membangun bonding bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bermain bersama. Aktivitas bermain yang sederhana pun bisa jadi momen bonding yang seru, menyenangkan, dan bermakna selama ada interaksi di dalamnya,” tekan Chitra di sela – sela acara Konferensi pers Zwitsaland.

Sebagai orang tua, kita juga harus sensitif dan responsif. Misalnya saat anak menangis, segera respon apakah ia menangis karena mengantuk, lapar, atau perlu ganti popok. 

Selain itu, Chitra juga berpesan agar orang tua dapat memastikan bahwa peran gadget tidak menggantikan peran orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak. “Penggunaan gadget masih diperbolehkan asalkan kita masih memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak. Jangan sampai kita menghabisakan banyak waktu bersama dengan anak tapi tak ada interaksi di dalamnya karena masing – masing sibuk dengan gadget.” 

Saran lainnya, Chitra juga menyarankan agar para orang tua memiliki komitmen dan konsisten untuk menghabiskan waktunya bersama anak. “Misalnya saat mandi bareng, mama bisa mengajak anak bermain tickle atau ci luk ba. Selain rutinitas harian, sisihkan pula 15 – 30 menit yang ada untuk benar-benar fokus main bersama anak tanpa kritik, gadget, dan berusaha untuk memahami apa yg dibutuhkan anak.” 

Artika Sari Devi dan Zoe

Setelah menyimak penjelasan di atas, ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membangun bonding bersama anak. Kendati tak mudah, namun semua ini penting untuk dilakukan. Kendala membangun bonding antara mama dan anak ini pun juga dirasakan oleh Artika Sari Devi, selebriti mama sekaligus mama dari Zoe, 5 tahun.

”Menjadi orang tua zaman sekarang memang harus kreatif untuk menjalankan multiperan kita di kota besar, di era digital yang semuanya serba cepat. Saya misalnya, saya harus membagi waktu yang hanya 24 jam sehari untuk menjalankan peran saya sebagai mama, sebagai anak, sebagai istri, sebagai pekerja seni, dan sebagainya. Di tengah segala kesibukan, saya selalu berusaha mencari waktu untuk bonding dengan anak-anak,” terang istri dari musisi Baim.

Paling tidak, meluangkan waktu satu jam sehari, atau menghadirkan special time hari khusus keluarga, wajib ia lakukan. “Apalagi Zoe lagi di masa pertumbuhan, lagi seneng-senengnya nih diajak bermain dan belajar sesuatu yang baru. Misalnya, dia suka banget saya ajak mix and match baju, baca buku bareng, sampai nyanyi. Tapi hal yang paling saya suka adalah, ketika kita bisa menghadirkan senyuman kecil di wajah Zoe, rasanya semakin senang,” terangnya.

Karamita Darusman, Maulani Affandi, Chitra Annisya, Artika Sari Devi dan Zoe

Zwitsal yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dengan wangi lembut khas Zwitsal, telah dipercaya menemani momen-momen bonding orang tua dan anak melalui sentuhan saat memandikan si kecil. Sebagai komitmen untuk terus mendukung orang tua dalam menjalin momen bonding, Zwitsal menghadirkan Zwitsaland yang dapat memfasilitasi dan menginspirasi kebutuhan orang tua untuk membangun momen bonding yang seru dan menyenangkan dengan buah hati lewat kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan setiap saat. Zwitsaland hadir di atrium utama Mal Gandaria City selama dua hari pada 20 dan 21 April 2019.

“Zwitsal berkomitmen untuk selalu menemani langkah orang tua dan anak seiring tumbuh kembangnya. Dalam perjalanannya, kami menyadari bahwa momenbonding sangat penting terutama bagi anak-anak usia dini karena dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya menjadi pribadi yang bahagia, mandiri dan tangguh. Kami percaya setiap orang tua ingin memiliki bonding yang kuat dengan buah hatinya, namun seringkali menemui berbagai tantangan seperti minimnya waktu bersama buah hati. Oleh karena itu kami mempersembahkan Zwitsaland, platform playland dengan beragam aktivitas sebagai wadah dan inspirasi kegiatanbonding yang seru dan menyenangkan bagi para orang tua untuk menjalin momen-momen bonding yang berkualitas dan bermakna dengan buah hati mereka,”jelas Maulani Affandi, selaku Head of Skin Cleansing and Baby Care, Unilever Indonesia.

“Kami berharap orang tua dan anak-anak yang datang bisa bersama-sama menikmati aktivitas di booth-booth Zwitsaland seperti Zwitsal Sensory Corner, Zwitsal Cooking Corner, Zwitsal Science House, Zwitsal Fashion Corner, Zwitsal Traveling & Discovery dan Zwitsal Massage & Manicure Corner; juga berbagai talk showdan performance menarik di panggung. Semoga Zwitsaland bisa menginspirasi para orang tua untuk selalu menciptakan momen-momen menyenangkan bersama buah hati dan mempererat bonding di antara mereka,” tutup Maulani.

Mamas yang sedang berada di area Jakarta Selatan, masih bisa lho mengunjungi Zwitsaland di Gandaria City. Happy weekend! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Zwitsal)

Shares