Health

5 Jenis Ikan Kaya Protein Untuk Kecerdasan Otak

By  | 

Ikan merupakan sumber protein yang baik selain telur. Ada banyak jenis ikan laut yang bernutrisi dan baik dikonsumsi Si Kecil untuk membantu kecerdasan otak.

Nutrisi ikan sangat diperlukan untuk perkembangan otak Si Kecil. Karenanya baik diberikan setiap hari. Seperti beberapa jenis ikan berikut ini.

1. Bandeng. Ikan bandeng sangat disukai karena rasanya gurih dan tidak mudah hancur jika dimasak. Akan tetapi dagingnya berduri dan sedikit berbau lumpur. Untuk menyiasati masak dengan panci bertekanan tinggi hingga durinya lunak. Dalam 100 gr bandeng mengandung 123 kkal energi, 20 gr protein, 4,8 gr lemak. Ikan ini sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

2. Cakalang. Cakalang merupakan jenis ikan yang cukup terkenal khususnya di wilayah Asia Tenggara. Di daerah Sulawesi Utara ikan ini banyak diolah menjadi ikan asap dan abon ikan. Dalam 100 gr cakalang mengandung 107 kkal energi, protein 19,6 gr, lemak 0,7 gr dan 5,5 karbohidrat. Untuk anak-anak sebaiknya berikan ikan cakalang dalam bentuk abon atau digoreng.

3. Ekor kuning. Dalam 100 gr ikan ini mengandung 108 kkal energi, protein 22,3 gr, lemak 1,2 gr, dan 2,1 gr karbohidrat. Ikan ini banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Cara mengolahnya pun sangat mudah, digoreng dalam bentuk fillet atau utuh dan menambahkan beberapa bumbu agar lebih gurih.

4. Kembung. Ikan kembung merupakan salah satu ikan yang termasuk dalam kategori ekonomis. Ikan kembung biasanya dijual segar dan ada juga dalam bentuk ikan pindang. Dalam 100 gr ikan kembung mengandung sekitar 125 Kkal energi, 21,3 gr protein, lemak 3,4 gr dan 2,2 gr karbohidrat.

5. Patin. Ikan patin mengandung dua jenis asam lemak yaitu DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak omega 3 ini juga dimiliki oleh ikan salmon, tuna dan sarden. Dalam 100 gr ikan patin mengandung 132 kkal energi, 17 gr protein, lemak 6,6 gr dan karbohidrat 1,1 gr. Bisa dicampurkan dalam sup atau bubur. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares