Finance

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menutup Kartu Kredit

By  | 

Apapun alasan Anda ketika berniat menutup kartu kredit, entah itu sudah terlalu banyak ataupun tak lagi akan menggunakannya, sebaiknya lakukan beberapa hal ini terlebih dahulu, Mamas!

  • Cek iuran tahunan. Jika memang kartu kredit tersebut masih terbebas dari biaya iuran tahunan, sepertinya Anda bisa menunda rencana Anda untuk menutup kartu kredit tersebut. Namun bila memang iuran tahunannya memberatkan, dan Anda  jarang menggunakannya, maka menutup kartu kredit tersebut adalah pilihan yang tepat.
  • Tukar rewards.Banyak kartu kredit yang memberikan sistem rewards pada para pemiliknya dalam bentuk poin. Anda bisa menukarkan terlebih dahulu poin-poin Anda tersebut dengan free product atau promo lainnya.

Female Cutting Credit Card

 

  • Baru menutup kartu kredit lain. Bila Anda baru saja menutup kartu kredit lain dalam waktu dekat, maka ada baiknya Anda tidak menutup kartu kredit lainnya di waktu yang berdekatan. Hal ini akan menimbulkan image kurang baik dari para kreditor (bank-bank penerbit kartu kredit). Nantinya ketika Anda akan mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit baru, dikhawatirkan dapat mengalami kesulitan.
  • Jangka waktu kepemilikan. Kalau Anda sudah memilikinya selama bertahun-tahun, dan tak ada masalah dengan pembayaran setiap bulannya, maka bisa dibilang Anda memiliki track recordyang baik di bank. Track record yang baik ini akan berguna bagi Anda bila nantinya akan mengajukan permohonan peminjaman di bank. Jadi sebaiknya Anda tak perlu menutup kartu kredit ini, Mams.
  • Sebagai dana darurat.Bisa dibilang, kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai dana darurat Anda. Ketika tabungan Anda tak mencukupi dan ada kondisi darurat di depan mata yang mebutuhkan banyak dana, maka kartu kredit bisa jadi salah satu solusinya. Bila memang menurut Anda dana darurat yang dimiliki sudah cukup dan tak membutuhkan kartu kredit sebagai tambahan, maka Anda tetap bisa menutupnya. Namun bila dana darurat yang Anda miliki masih sedikit atau bahkan tak ada, maka sebaiknya tetap pertahankan kartu kredit Anda tadi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares