Pleasure

Menyusuri Victoria Market Melbourne

By  | 

 

Saat Anda mengunjungi kota ternyaman di dunia, Melbourne, sempatkan untuk mengunjungi Victoria Market. Ada apa saja di sana? Berikut ulasannya untuk Anda!

Queen Victoria Market merupakan tempat  belanja terbesar di  Melbourne. Pasar ini pertama kali dibangun pada abad ke-19 tepatnya tahun 1878. Terletak di kawasan Elizabeth St, Melbourne, Victoria sekitar dua blok dari Hostel Nomads Melbourne. Gedung yang berumur lebih dari 130tahun ini merupakan bangunan bersejarah, obyek wisata dan lembaga untuk semua Melburnians (para pecinta produk asli melbourne). Pasar ini signifikan terhadap warisan dan budaya Melbourne serta telah terdaftar di Daftar Warisan Victoria. Pasar ini dinamai Ratu Victoria dan merupakan ratu yang pernah memerintah Kerajaan Inggris pada tahun 1837-1901.Queen Victoria Market  adalah pasar abad  yang masih hidup dan bertahan lama di distrik pusat bisnis Melbourne.  Sebenarnya ada tiga pasar utama di CBD Melbourne, tapi dua dari mereka, Pasar Timur dan Pasar Barat, keduanya dibuka sebelum Ratu Victoria memerintah dan ditutup pada tahun 1960.

Banyak sekali barang – barang yang di jual di pasar ini termasuk seafood segar,  buah-buahan segar ada pula macam – macam pakaian, bagasi, mainan, perhiasan, era baru produk dan souvenir dengan harga murah. Pasar ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan sekat yang terlihat yaitu area Hall Deli, Elizabeth Street Shops, F laneway, Vic Market Place Food Court, The Meat Hall, Organik, Merchandise Umum, Victoria Street Toko dan masih ada yang lainnya.

Queen-Victoria-Markets-1

Sebagian besar pasar dalam keadaan  terbuka bukan merupakan ruko dengan pintu tetapi para pedagang menggelar dagangannya di atas meja dan menatanya dengan rapi dalam satu atap yang panjang. Tetapi ada juga ruang tertutup untuk barang – barang agar tetap terjaga kualitasnya dan tak mudah busuk  lebih seperti ikan dan daging. Seperti  Meat Hall yang menyediakan ruangan khusus untuk para penjual ikan dan daging, menurut sejarah tempat penjualan khusus daging ini dibangun pada tahun 1868. Pilihan menarik untuk dikunjungi adalah  The Hall Deli yang berdiri sejak tahun 1927. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam hidangan lezat  dari seluruh dunia. Ada pula pasar wine yang menyediakan berbagai wine yang bercita rasa fantastis.

 

267534-7b76dc8e-d65a-11e3-b5be-ec06717bccf7

 

Buah-buahan dan sayuran merupakan ikon terbesar pasar bersejarah ini sehingga 50% bagian pasar didedikasikan untuk produk segar. Dengan luas 16 hektar pasar ini masih juga belum cukup untuk menampung para pengunjungnya sehingga mereka menutup salah satu jalan  yang berbatasan dengan Queen Victoria Market  pada hari Minggu (Queen Street) dan diubah menjadi daerah kafe outdoor  dengan wahana anak-anak dan kegiatan-kegiatan lainnya, sehingga pengunjung dapat berlama-lama di pasar yang dinamis dan unik ini.

 

DSC01716_thumb_1

Queen Victoria Market  adalah tempat berkembangnya aset kota Melbourne dan tempat terpenting di Melbourne serta jantung bagi para pedagang dan pembisnis. Namun para pedagang tetap bersahabat dan bersaing dengan kompetitif hingga membuat pasar dunia  pesona dan memiliki daya adiktif untuk menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares