Finance

8 Tanda Anda Stabil Secara Finansial

By  | 

Penghujung tahun 2015 akan kita akhiri bersama dalam waktu sekitar sebulan lagi. Bagaimana dengan resolusi yang sudah Anda susun, Mamas? Sudahkah semua terpenuhi dalam berbagai bidang, khususnya masalah finasial. Apakah tahun ini keuangan Anda sudah termasuk stabil dibanding tahun lalu? Yuk, cek delapan ciri atau tandanya, Mamas.

1. Anda tak terbangun di malam hari karena memikirkan masalah finansial. Setiap malam Anda bisa tidur nyenyak tanpa memikirkan utang yang dimiliki. Ini bukan berarti bahwa Anda betul-betul tak khawatir akan kondisi keuangan Anda sama sekali. Hanya saja, orang yang finansialnya bermasalah cenderung lebih sulit tidur.

2. Anda menggunakan kartu kredit hanya untuk bersenang-senang, bukan membayar kebutuhan pokok. Anda memiliki pos pengeluaran yang sudah diatur tiap bulan, sehingga Anda pemakaian kartu kredit Anda hanyalah sesekali atau ketika ada promo tertentu yang menawarkan diskon kafe atau restoran misalnya.

3. Anda tak khawatir kehilangan pekerjaan. Bila ciri ini sudah Anda miliki, berarti Anda sudah stabil secara finansial. Seseorang yang takut kehilangan pekerjaan tentu tidak siap kehilangan pemasukan rutin yang dipakai untuk biaya hidup sehari-hari. 

4. Anda selalu membayar tagihan tepat waktu. Berapa pun cicilan yang Anda miliki, baik itu rumah, kendaraan, atau produk rumah tangga, Anda pasti mampu membayar sesuai tanggal jatuh tempo.

5. Anda tak pernah menunggak utang kartu kredit. Saat berutang pada kartu kredit, Anda memang diperbolehkan membayar dengan cicilan minimal yang sudah disepakati. Tapi Anda tidak mau begitu. Berapapun utang kartu kredit Anda, pasti langsung Anda lunasi di bulan berikutnya.

6. Anda tak pernah menyesal setiap kali menghabiskan uang untuk acara spesial. Setiap orang memiliki saat di mana Anda harus mengeluarkan dana lebih banyak untuk acara khusus seperti ulang tahun Si Kecil, liburan sekolah atau akhir tahun, hingga perayaan lain seperti baby shower atau anniversary. Nah, bila Anda tak menyesal setelah mengeluarkan dana berlebihan di acara tersebut, artinya Anda sudah cukup stabil secara finansial nih.

7. Anda bisa membeli barang apa saja yang Anda inginkan. Apapun barang yang Anda inginkan, Anda bisa membelinya kapan saja, tanpa perlu waktu untuk menabung uangnya terlebih dahulu. Ini bukan berarti Anda tipe pembeli yang impulsif, lho. Hal ini hanya menandakan bahwa Anda punya tabungan cukup untuk membeli item tertentu yang Anda mau.

8. Anda tidak pelit dalam kegiatan amal. Salah satu ciri penting dari orang yang sudah mapan secara finansial adalah ia bisa menghabiskan uang cukup banyak untuk beramal atau membantu lembaga-lembaga kemanusiaan. Nah, apakah ciri ini ada dalam diri Anda, Mamas? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares