Health

5 Tip Kehamilan yang Tidak Akan Dikatakan Dokter

By  | 

Mamas, lima fakta berikut memang tidak akan diberitahu oleh ahli kandungan agar Anda selalu waspada atau tidak terlalu khawatir terhadap kehamilan. Ingin tahu apa saja? Simak yuk!

  1. Tidak perlu langsung excited saat haid Anda terlambat. Keterlambatan haid tidak hanya mengindikasikan Anda tengah hamil. Bisa jadi metabolisme tubuh atau diet yang sedang Anda jalani memengaruhi hal tersebut. Namun demikian, biasanya seorang dokter akan memeriksa Anda terlebih dahulu agar Anda tidak langsung kecewa.
  2. Sebenarnya Anda hanya butuh dua kali USG. Beberapa dokter memang menyarankan USG setiap bulan saat Anda memeriksa kehamilan. Namun sebenarnya Anda hanya butuh dua kali USG selama masa kehamilan. Pemeriksaan pertama saat kehamilan Anda berusia 11 atau 12 minggu untuk melihat adanya kemungkinan janin Anda cacat. Yang kedua kala usia kehamilan Anda memasuki usia 18 hingga 23 minggu guna memeriksa anatomi tubuh bayi Anda.
  3. Hasil USG belum tentu akurat. Dengan memeriksa USG Anda dapat mengetahui perkiraan hari lahir. Namun tanggal tersebut hanya perkiraan lho. Dan berat badan bayi yang kerap ditampilkan dalam layar USG tidak dapat dijadikan patokan. Hanya saja, agar Anda lebih berhati-hati menjelang perkiraan hari lahir atau khawatir akan berat badan bayi yang bisa jadi terlalu ringan maupun terlalu berat, para dokter kerap menjadikan kedua hal tersebut sebagai patokan.
  4. Sebenarnya Anda juga bisa ditangani oleh bidan. Bukan berarti ahli kandungan tidak penting lho, namun jika kehamilan Anda dinyatakan normal seorang bidan juga mampu menuntun Anda hingga proses persalinan.
  5. Hanya karena Anda melewati due date bukan berarti Anda over due. Yes Mamas to be, melewati masa perkiraan lahir bukan berarti Anda terlambat melahirkan. Justru hanya sedikit wanita yang melahirkan sesuai dengan masa perkiraan lahir. Namun biasanya dokter akan segera memeriksa secara detail kesehatan bayi dalam kandungan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares