Career

Hak dan Kewajiban Calon Mama yang Bekerja Shift

By  | 

Bagi calon mama bekerja, tentunya dengan kondisi kehamilan Anda ini, beban pekerjaan di kantor akan dirasa semakin berat. Terlebih bagi Anda yang bekerja secara shift. Biasanya pekerjaan di bidang jasa kesehatan, pariwisata, transportasi, pos dan telekomunikasi, penyediaan listrik, pusat perbelanjaan, media massa, pengamanan dan sebagainya, merupakan pekerjaan dengan sistem kerja secara shift.

Seperti diatur dalam Undang-Undang No.13/2003 mengenai Ketenagakerjaan, sistem kerja shift memiliki pembagian jam kerja dalam tiga shift, yaitu shift pagi dimulai dari pukul 07.00 – 15.00, shift siang dari pukul 15.00 – 23.00, dan shift malam dimulai dari pukul 23.00- 07.00. Masing-masing jam kerja adalah sebanyak delapan jam lamanya.

Lalu bagaimana dengan karyawan yang sedang hamil? Ketentuan tentang hak dan kewajiban mengenai pekerja perempuan ditetapkan dalam Pasal 76 UU Ketenagakerjaan yang berisi:
(1) Pekerja/buruh perempuan yang berumur kurang dari 18 (delapan belas) tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00-07.00.
(2) Pengusaha dilarang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00-07.00.
(3) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00- 07.00 wajib:
a. Memberikan makanan dan minuman bergizi; dan
b. Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja.
(4) Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagi pekerja/buruh perempuan yang berangkat dan pulang bekerja antara pukul 23.00-05.00.
(5) Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) dan ayat (4) diatur dengan Keputusan Menteri.

Jika dilihat dari ketentuan di atas, maka hak dan kewajiban bagi calon mama yang bekerja secara shift, adalah:

  • Pekerja perempuan yang sedang hamil tidak boleh bekerja di shift malam, yaitu antara jam 23.00-07.00.
  • Namun pekerja perempuan wajib bekerja pada shift pagi dan shift
  • Perusahaan wajib menyediakan transportasi bagi ibu hamil yang bekerja pada shift siang yang berakhir pada pukul 23:00, hingga tiba di rumah.
  • Bila Anda merasa tidak mampu bekerja dalam shift, Anda bisa mengajukan mutasi ke departemen lain bila memungkinkan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares