Career

8 Hal yang Harus Dilakukan Agar Karier, Personal Life dan Keluarga Tetap Balance

By  | 

Mamas, sebagai wanita bekerja, tentunya Anda sering merasa bersalah karena tidak memiliki waktu yang cukup bersama keluarga. Apalagi untuk diri sendiri, padahal memanjakan diri sendiri perlu lho. Pasalnya, jika Anda merasa nyaman maka keluarga dan karier juga akan terorganisir dengan baik. Nah agar kehidupan karier Anda dapat berjalan seimbang dengan dua aspek penting lain dalam hidup Anda terseut, lakukan delapan hal berikut.

  1. Me time sebelum bekerja. Yes Mams, me time yang Anda lakukan tidak perlu lama, cukup 10-15 menit, nikmati secangkir kopi atau teh di kantor sebelum memulai pekerjaan sembil membaca berita atau hiburan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih relaks setelah sebelumnya mengurus keluarga dan menempuh perjalanan.
  2. Buat to do list. Mengurus banyak hal memiliki risiko ada yang terlewatkan, oleh karena itu, buat to do list untuk diri Anda sendiri, baik urusan pekerjaan, pribadi, maupun keluarga. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengingat segala hal yang harus dilakukan.
  3. Manfaatkan teknologi. Teknologi yang kini semakin berkembang, membuat Anda lebih mudah untuk mengatur segala hal. Manfaatkan teknologi untuk komunikasi dengan pasangan dan Si Kecil selama Anda bekerja, dan sebaliknya saat Anda sedang ada acara di sekolah Si Kecil misalnya, manfaatkan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan dan berkomunikasi dengan rekan kerja serta atasan.
  4. Komunikasi dengan orangtua siswa di sekolah anak. Sebagai mama bekerja, hal yang satu ini sangat penting. Bersosialisasi dengan orangtua murid akan sangat membantu Anda sebagai reminder jika ada acara penting di sekolah Si Kecil. Selain itu, Anda juga dapat menitipkan Si Kecil apabila ada hal darurat misalnya tidak ada yang menjemput.
  5. Date night after office. Hal ini wajib dilakukan agar hubungan Anda dengan pasangan tetap dekat, sepulang kantor sempatkan waktu untuk makan malam santai berdua saja. Setelah lelah bekerja, date night bersama Si Dia akan membuat Anda berdua segar kembali seperti masa pacaran dulu. Date night sepulang kerja juga menjadi solusi untuk menunggu jalanan lebih lengang, serta saat weekend Anda berdua dapat fokus untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak.
  6. Jangan terlalu ambisius. Ingat Mamas, Anda bukan super woman, berkarier secara maksimal memang baik, tapi fokus saja pada pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab Anda. Begitu pula di rumah, bagi tugas Anda dengan pasangan dan anak-anak. Misalnya memasak atau membersihkan rumah bersama, selain meringankan tugas Anda, juga memperkuat bonding dalam keluarga. Jangan sampai Anda justru kelelahan bahkan hingga jatuh sakit karena mengerjakan segalanya seorang diri.
  7. Berolahraga. Olahraga rutin akan meningkatkan stamina Anda, Mamas. Dengan berolahraga metabolisme Anda akan terjaga, sehingga dapat fokus pada pekerjaan sekaligus keluarga. Dan olahraga juga dapat menjadi sarana me time Anda.
  8. Ciptakan pekerjaan yang Anda sukai. Jika menjaga keseimbangan antara karier, keluarga, dan diri sendiri terlalu berat bagi Anda, coba review lagi pekerjaan Anda. Coba pikirkan pekerjaan apa yang dapat Anda lakukan, namun tetap bisa berjalan seirama dengan kehidupan yang Anda miliki. Bila perlu, coba jajaki bisnis baru, Mams, siapa tahu bisa jadi solusi. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares