Health

Apa Bedanya Antiseptik & Desinfektan?

By  | 

Penyebaran virus Corona yang sudah menjangkau Indonesia membuat sebagian besar masyarakat, termasuk kita, panik. Langkah pencegahan tentu perlu dilakukan (Baca juga: 6 Cara Antisipasi Virus Corona Sejak Dini).

Masker, Cairan antiseptik dan desinfektan kini menjadi barang mahal karena langkanya persediaan. Sebelum membeli, pastikan mamas sudah mengetahui perbedaan keduanya, ya. Meskipun sama – sama berfungsi untuk membunuh mikroorganisme, tetapi sebenarnya digunakan untuk hal yang berbeda.

Cairan antiseptik digunakan untuk menyingkirkan kuman di kulit manusia, misalnya tangan. Bersifat aman digunakan pada permukaan kulit, biasanya mengandung alkohol, chlorhexidine dan anilides.

Cairan desinfektan digunakan untuk menyingkirkan kuman pada benda – benda mati seperti ruangan, disemprotkan ke kursi/furnitur, mainan anak, dsb. Kandungan senyawanya lebih toksik, jika salah digunakan bisa menyebabkan pengerasan kulit, luka serta peradangan. Biasanya mengandung glutaraldehhid, vantocil, ftalaldehida dan formaldehida.

Bagaimana cara kerjanya?

Senyawa yang terkandung di dalam kedua cairan tersebut akan menembus dinding sel organisme seperti bakteri. Senyawa kimia di dalamnya akan mengganggu metabolisme sel atau mengubah permeabilitas dari dinding sel mikroorganisme sehingga dapat dilumpuhkan.

SmartMama Best Reccomendation

Babyganics Foaming Hand Sanitizer: Efektif membunuh 99.9% kuman yang menempel hanya dalam 15 detik saja. Tanpa kandungan alkohol dan bahan kimia berbahaya, kulit tangan pun terhindar dari kekeringan dan tetap lembut.

Ikyusan Hand Sanitizer: Spray yang berfungsi untuk mensterilkan dan membasmi kuman bakteri di tangan atau kulit yang terluka atau benda – benda yang akan digunakan si kecil yang terbuat dari bahan organik food grade dari Jepang.

Dettol Instan Hand Sanitizer: Membunuh kuman tanpa dibilas, tidak lengket dengan aroma segar lidah buaya.

Klinsen Hand Sanitizer: Membunuh kuman dengan cepat, mengandung ekstrak Pomegranate yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat dari radikal bebas.

Carex Hand Sanitizer: Mengandung 70% alkohol yang dapat membunuh kuman dengan cepat, wanginya soft dan lembut untuk kulit.

LavMe Organic Anti Bacterial: Spray anti kuman organik dan penghilang bau yang merupakan produk inovasi dengan teknologi Jepang ini juga mampu membasmi kuman penyebab penyakit seperti bakteri, virus dan jamur.

Eagle Spray: Cairan semprot multiguna yang mengandung minyak Eucalyptus Globolus yang dibuat dengan cara destilasi uap dari daun-daun dan pucuk pohon Eucalyptus Globolus yang terkenal berkhasiat mempunyai daya untuk membunuh kuman.

Dettol Disinfectan Spray: Membunuh kuman di ruangan hingga 99.9% dalam 30 detik, dengan wangi segar yang tahan lama.

Beauty barn Vir O : Membantu membunuh virus yang bertebaran di udara dan permukaan seperti meja, kursi, mainan, boks bayi, stroller atau area yang mungkin tercemar kuman & bakteri. Alami dan aman untuk pernapasan.

Acquassimo sanitising water: Kandungan utamanya adalah air dan natural acid (Hypochlorous Acid) yang merupakan asam alami, karena asam ini juga diproduksi oleh tubuh manusia untuk melawan bakteri dan kuman. Dapat digunakan untuk membersihkan mainan, furniture, atau tangan. Tidak berbau dan tidak lengket. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockohoto.com, Various)

Shares