Finance

6 Tanda Anda Hidup Boros

By  | 

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Pepatah lama ini tentu sudah tak asing di telinga Anda bukan, Mamas? Dan memang mungkin sejak remaja dulu, orangtua Anda sudah mengingatkan agar Anda gemar menabung ya. Namun faktanya kadang kala yang terjadi justru sebaliknya. Anda merasa malah terlalu sering menghambur-hamburkan uang. Sebetulnya apakah yang menjadi indikator bahwa hidup Anda sudah terlalu boros? Cek tanda-tandanya di sini, Mams.

1. Pembayaran minimum dari kartu kredit. Salah satu tanda serius bahwa Anda memang tergolong boros adalah Anda hanya sanggup membayar cicilan minimum dari tagihan bulanan kartu kredit Anda. Biasanya ini karena kebiasaan impulsif Anda dalam berbelanja sehingga tagihan pun membengkak. Padahal bunganya akan terus bertambah lho. Oleh karena itu, mulai biasakan untuk membayar dengan menggunakan kartu debit dibandingkan kartu kredit.

2. Masih ada label harga di baju-baju baru Anda. Coba buka lemari pakaian Anda dan cek berapa banyak yang masih memiliki label harga di situ? Jika jumlahnya lebih dari tiga, Anda harus berhati-hati dalam mengontrol pengeluaran bulanan lho, Mamas.

3. Tak mampu membayar tagihan. Jujur saja ya Mamas, berapa banyak kartu kredit yang Anda punya? Adakah salah satunya yang ‘macet’ atau Anda tak sanggup membayar tagihannya? Telaah lagi bagaimana Anda mengatur kas keluar dan masuk ya. Prioritaskan kebutuhan primer daripada tersier. Bukannya Anda tak boleh bersenang-senang sama sekali. Tapi ‘jatah’ baju baru hanya bisa ada bila semua keperluan utama sudah terbayar.

4. Membeli keinginan, bukan keperluan. Seperti yang kita ketahui tren terus berganti dalam banyak hal. Dan biasanya orang yang boros cenderung membeli keinginan mereka, tapi bukan keperluan. Coba lihat gadget milik Anda, jika Anda itu keluaran terbaru sementara gadget lama masih bisa berfungsi baik, sudah jelas Anda harus mengganti pola pikir Anda ya.

5. Tak pernah menabung sekalipun gaji Anda cukup besar. Memang sih, godaan besar kerap datang di tanggal muda atau kira-kira seminggu pertama sehabis gajian. Rekening Anda yang ‘sedang gendut’ membuat Anda jadi gemar menghabiskan uang untuk berfoya-foya. Tanpa disadari akhirnya gaji Anda habis begitu saja tiap bulan. Nah Mamas, usahakan untuk menyisihkan (bukan menyisakan) pendapatan per bulan Anda untuk disimpan dalam bank ya. Bila memungkinkan idealnya Anda bisa menabung sekitar 20-30 persen dari pendapatan bulanan Anda lho.

6. Memiliki banyak barang yang mirip. Orang yang boros cenderung tak menyadari berapa jumlah pakaiannya, sepatunya, atau bahkan tasnya. Oleh karena itu ia sering tak sadar bahwa sudah ada enam pasang alas kaki berwarna hitam, 10 kemeja berwarna gelap, dan tas berbentuk postman bag sebanyak empat buah. Bila Anda merasa Anda seperti itu, waktunya untuk memperbaiki pola pengeluaran Anda nih, Mams! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares