Education

Perlukah Si Kecil Ikut Kursus Bahasa Inggris?

By  | 

Mams, mungkin Anda salah satu orangtua yang mempertanyakan seberapa penting kursus bahasa Inggris untuk anak balita ya. Haruskah diberikan sejak dini? Memang, salah satu bahasa asing yang wajib diberikan adalah bahasa Inggris, mengingat bahasa ini sudah jadi bahasa dunia, agar nantinya Si Kecil mudah berkomunikasi dengan banyak orang. Namun, sebelum memulai kursus, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu.

1. Lihat minat Si Kecil. Sebelum Anda memutuskan memasukkan Si Kecil ke tempat kursus, lihat dulu minat anak untuk belajar bahasa Inggris di luar jam sekolahnya. Karena bisa saja ia sudah lelah belajar di sekolah dan enggan ikut kursus. Jika Si Kecil kurang tertarik, Anda bisa mengajarkan bahasa Inggris dengan cara lain misalnya melalui percakapan sehari-hari yang sederhana, atau mempertontonkan film favoritnya dalam bahasa Inggris.

2. Sesuaikan kebutuhan. Dalam sebuah lembaga kursus, biasanya dibagi menjadi beberapa kelas. Misalnya, ada kelas khusus untuk memperkuat grammar penulisan, dan ada kelas yang lebih banyak melatih bahasa percakapan sehari-hari. Untuk balita, disarankan memilih kelas yang lebih banyak melatih percakapannya karena biasanya grammar, spelling, dan writing sudah banyak diajarkan di sekolah.

3. Biaya yang sesuai materi. Harga memang biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Sebaiknya sesuaikan dengan budget dan pilih paket yang ditawarkan sesuai kebutuhan anak ya, Mamas. Pastikan juga biaya kursus yang diminta sesuai fasilitas dan materi yang diberikan selama waktu belajar.

4. Minta rekomendasi sesama orangtua. Anda bisa bertanya dengan beberapa orangtua yang sudah memberikan kursus bahasa Inggris. Tanyakan metode yang digunakan, apakah seperti mengajar kelas biasa atau ada pelajaran berbeda yang dapat menarik minat Si Kecil. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares