Health

Jika Anak Kekurangan Berat Badan

By  | 

Berat badan Si Kecil memang harus ideal, tidak kekurangan dan tidak berlebihan atau obesitas. Memiliki anak obesitas sudah pasti membutuhkan diet tepat serta olahraga. Nah, bagaimana bila yang terjadi justru sebaliknya, apa yang harus dilakukan.

  • Konsultasi pada dokter anak. Sebelum Anda men-judgenya underweigt, berkonsultasilah pada dokter apakah benar berat badannya kurang untuk anak seusianya serta dibandingkan dengan tinggi badannya. Kekurangan berat badan tidak bisa hanya berdasarkan penglihatan Anda saja, perlu didiagnosa dokter anak. Nah jika dokter anak memang menyatakan ia underweight barulah Anda bertindak.
  • Hitung berapa banyak kalori yang diasup Si Kecil. Hal ini sangat penting bagi Anda guna mengukur asupan Si Kecil. Dengan begitu Anda dapat menambah asupan tinggi kalori padanya setiap waktu makan tiba.
  • Jenis makanan yang dikonsumsi Anak. Tak hanya jumlah kalori namun Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang ia konsumsi ya Mams. Pastikan makanan Si Kecil sudah memenuhi kebutuhan tubuhnya secara lengkap, yakni karbohidrat, protein baik hewani maupun nabati, serta sayuran. Buah-buahan dan susu minimal empat gelas sehari juga harus diasup Si Kecil.
  • Hindari junk food. Memang sih Anda butuh makanan berkalori tinggi serta berlemak agar berat badan Si Kecil cepat naik. Tetapi memberinya makanan tak sehat hanya akan menimbulkan masalah lain pada tubuhnya. Oleh karena itu tetap memberi makanan sehat namun berkalori tinggi.
  • Berolahraga. Olahraga tidak hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat menjadi solusi anak underweight. Selain massa ototnya akan bertambah, aktivitas fisik juga membuat anak lebih banyak makan.
  • Berikan vitamin yang tepat. Vitamin juga dapat membantu anak lebih nafsu makan, namun pastikan Anda konsultasi dulu dengan dokter anak vitamin apa yang paling tepat baginya. Jangan sembarangan memberikan suplemen yang dikhawatirkan justru dapat berdampak negatif pada tubuh dan hormon anak. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares