Health

Resep Mudah Eating Clean

By  | 

Hi Mams, apa kabar? Sehat?

Pertanyaan yang sama kami dapatkan sejak awal membaca buku “Panduan Mudah Eating Clean – Makan Pintar Makan Benar” yang ditulis oleh Inge Tumiwa Bachrens. Sebuah pertanyaan sederhana yang harus dijawab dengan jujur, apakah Anda merasakan tubuh benar – benar sehat?

Gangguan kesehatan harian seperti pusing, sulit tidur, berjerawat, hingga merasa tidak berenergi setelah makan merupakan tanda bahwa tubuh kita tidak berada dalam kondisi sehat (Baca: Cara Mudah Mengenal Kesehatan Diri). Dan yang perlu kita tahu, bahwa tubuh memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan diri sendiri (self heal). Ia hanya perlu senjata yang yang tepat yaitu nutrisi, air, oksigen, gerak dan istirahat.

Inge Tumiwa & keluarga

Inge Tumiwa & keluarga

Setelah menerbitkan buku pertama “Eating Clean – 20 Langkah Mudah Membiasakan Makan Sehat” (Baca: Mengenal Pola Makan Eating Clean), Inge, mama dari 2 orang anak Gyasi Kahlitijani (16) & Daniella Jahzara (10) merasa ingin mengajak semakin banyak orang untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kesehatannya sendiri, “Makan untuk memperbaiki kesehatan badan, pikiran, dan jiwa serta memperbaiki kualitas hidup,” ujarnya. Hal inilah yang mendorong dirinya untuk melanjutkan project yang dimulai sejak tahun 2012 lalu menjadi sebuah movement yang bertujuan untuk menyehatkan keluarga Indonesia sekaligus menulis buku kedua.

Dalam artikel 3Nah, untuk Mamas yang mulai concern membiasakan hidup sehat, mari mulai memahami konsep mudah menjalankan eating clean bagi keluarga. Selain menjelaskan lebih lanjut tentang jenis makanan yang sebaiknya dihindari & dikonsumsi, buku ini juga menyediakan beragam resep yang ternyata mudah untuk dimasak dan tidak selalu mahal!

Dalam artikel 1Kembali pada bahan makanan organik dan lokal menjadi salah satu kunci sukses terlaksananya program ini. Selain itu, mamas disarankan untuk mengolah makanan dengan benar & sehat (tumis, panggang, kukus, menggoreng dengan cepat) dan menghindari makanan proses.

Berikut panduannya:

1. Pilih jenis minyak yang mengandung lemak sehat. Untuk memasak, gunakan minyak kelapa; untuk ditambahkan ke jus sayuran/dressing salad? Gunakan virgin coconut oil.

2. Makan sayuran yang mengandung banyak serat minimal 3 kali sehari.

3. Hindari konsumsi gula tambahan yang hanya menyumbang fructose kepada tubuh; artinya hanya menghasilkan lemak dan asam urat yang kelamaan akan menimbulkan berbagai penyakit.

4. Konsumsi karbohidrat sehat yang terdapat pada nasi merah dan coklat.

5. Konsumsi protein alami dari telur/ayam organik, daging sapi lokal dan ikan segar.

6. Minum banyak air putih yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, serta membantu mempercepat metabolisme tubuh. Yuk mulai ganti minuman manis dengan sebotol infused water dengan potongan buah segar!

Dalam artikel 2Pengalaman Inge saat menghadapi diagnosa tumor dan obesitas pada putranya (Baca: Thesmartmamas Sharing Moment: Healthy Kids & Family) dihadapi dengan penerapan konsep makan sehat untuk memperbaiki kinerja & kesehatan tubuh. Jika mamas bertanya tentang gambaran menu sehari – hari yang dapat dikonsumsi dengan gaya eating clean, maka informasi diatas bisa menjadi jawabannya. Tidak sulit untuk menemukan bahan makanan tersebut kan, Mams?

Ada 30 resep baik hasil olahan sendiri maupun sumbangan resep dari pelaku eating clean yang bisa Anda coba di rumah. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk ikut aktif memasak makanan sehat mereka sendiri dengan cara yang sederhana, sehingga kita dapat mencegah penyakit dengan pola hidup sehat menyeluruh, yaitu makan sehat (bergizi), makan dengan cara yang benar, olahraga teratur, serta cukup istirahat. Remember to eat healthy because your body deserve the best! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Kawan Pustaka, Instagram)

Shares