Education

Trik Belajar Memegang Pensil

By  | 

Saat Si Kecil memasuki dunia sekolah, ia mulai belajar menggunakan pensil baik pensil biasa maupun pensil warna. Namun, memegang pensil ternyata tidaklah mudah. Ada beberapa trik yang bisa Anda ajarkan.

Saat tiba mulai menggunakan pensil di atas kertas, biasanya Si Kecil kesulitan karena ia belum bisa memegang pensil dengan benar dan belum bisa menyeimbangkan penggunaan tangan kanan yang memegang pensil dan tangan kirinya yang bisa digunakan untuk membantu menjaga kertas agar tetap di tempatnya, tidak ‘lari’ ke mana-mana.

Nah untuk itu, ada teknik tertentu yang memang harus dikuasai Si Kecil sebelum ia belajar menulis di atas kertas. Bagaimana caranya?

1. Mulailah dengan pensil pendek. Ini cara awal Si Kecil memegang pensil. Dengan menggunakan pensil pendek, Si Kecil tidak perlu menggunakan terlalu banyak jari, dan ini jelas lebih mudah baginya karena hanya menggunakan jempol dan telunjuk.

2. Lipat jari ketiga (jari tengah). Agar pegangan pensil lebih kokoh, langkah selanjutnya adalah melipat jari ketiga. Tekuk juga jari keempat dan kelima (jari manis dan kelingking) ke arah telapak tangan, lalu biarkan sisi bagian bawah tangan yang memegang pensil terletak di atas permukaan kertas.

3 Tekuk sedikit kelima jari. Hindari mengepalkan tangan. Untuk membantu anak-anak, Anda bisa memberikan ia sebuah bola atau benda serupa untuk dipegang dengan kedua jari ini, sementara jari-jari lainnya memegang pensil.

Aktivitas lain yang bisa Si Kecil lakukan guna melatih kekuatan jari-jari saat memegang pensil antara lain, bermain menyemprotkan air dengan botol penyemprot, bermain lilin atau playdoh, dan latihan menggunting. Selamat mempraktikkan pada Si Kecil ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares