Parenting

Plus Minus Memiliki Baby Sitter

By  | 

Sebagai ibu bekerja, salah satu pilihan dalam mengasuh Si Kecil adalah dengan menyewa jasa baby sitter/nanny. Sebelum memutuskan menggunakan jasanya, sebaiknya Anda mengetahui cerita para Smart Mama yang memiliki baby sitter.

“Saya menyewa baby sitter, karena ingin Si Kecil mendapat perhatian khusus darinya. Dengan begitu saya bisa tahu perkembang anak dari hari ke hari. Saya lebih percaya dengan nanny ketimbang ART karena mereka diberi pendidikan untuk menjaga anak.”
Dara, 27 tahun, mama dari Neyo, 2 tahun

“Sejak usia enam bulan anak saya sudah diasuh oleh baby sitter hingga sekarang. Saya sudah sempat dua kali berganti baby sitter karena kurang suka dengan gaya bicaranya dan tidak telaten dalam mengurus anak. Akhirnya saya ambil di yayasan terpercaya, dan saya pilih yang sudah sangat beepengalaman mengurus anak.”
Fifi, 33 tahun, mama dari Jessy, 3 tahun

“Awalnya saya tertarik menitipkan anak di day care. Tetapi ternyata untuk masalah jadwal kurang fleksibel dengan jadwal saya yang sering lembur di kantor. Akhirnya saya mengikuti saran teman untuk pakai baby sitter.”
Teresa, 30 tahun, mama dari Kinan, 1,5 tahun

Lalu, apa keuntungan dan kerugian mempekerjakan baby sitter?

1. Selain perhatian pada Si Kecil lebih terfokus, menyewa nanny akan membuat ia tetap berada di lingkungan yang sudah familiar. Anak tidak perlu pergi ke tempat yang masih asing seperti day care misalnya. Dengan berada di lingkungan rumah yang sudah familiar, Si Kecil akan merasa lebih nyaman.

2. Salah satu kelemahan dari menggunakan jasa baby sitter adalah gaji yang cukup tinggi. Memang hal ini bisa dipahami mengingat baby sitter memiliki perhatian eksklusif untuk buah hati Anda.

3. Selain mahal, kelemahan lain dari menyewa baby sitter adalah Anda harus menyusun jadwal kegiatan untuk Si Kecil. Hal ini penting karena beberapa nanny kurang paham tentang jam psikologis bayi dan bukan tenaga profesional yang memiliki sertifikat. Dan, bisa sewaktu-waktu mengundurkan diri tanpa ada kontrak yang mengikat. Hal ini tentu saja akan merepotkan jika pengunduran diri ini dilakukan secara tiba-tiba. Apalagi mencari pengganti baby sitter bukanlah hal mudah. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares