Finance

Siasati Biaya Hidup yang Makin Tinggi dengan Cara Ini!

By  | 

Seperti kita ketahui, harga-harga kebutuhan pokok saat ini terus meningkat, namun sayangnya, hal itu tidak diimbangi kenaikan pendapatan karyawan. Karena itu, Anda dituntut lebih cerdik mengelola penghasilan dan pengeluaran rumah tangga agar seluruh kebutuhan yang diperlukan tercukupi. Berikut beberapa tip dari Smart Mama yang bisa Anda coba, Mams.

  1. Pangkas kebutuhan tersier. Buat daftar belanja kebutuhan rumah tangga Anda dan kelompokkanlah berdasarkan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dahulukan kebutuhan primer Anda, baru setelah itu penuhi kebutuhan sekunder. Dan jika memang tidak perlu, kebutuhan tersier bisa dikesampingkan. Kebutuhan ini termasuk membeli gadget baru, mengajak keluarga liburan, dan kebutuhan lain yang bersifat ‘pemuas’ semata.
  2. Manfaatkan promo. Setiap supermarket biasanya setiap bulan selalu memiliki promo barang-barang kebutuhan dengan harga lebih murah. Cari tahu dari koran, televisi, radio, dan lainnya tentang program promo mereka. Dan bandingkan harganya dengan beberapa supermarket lain untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  3. Barang pengganti. Kondisi seperti ini membuat Anda dipaksa lebih kreatif dalam mengatur keuangan rumah tangga. Mengganti beberapa barang kebutuhan primer juga bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda bisa memilih produk bermerek lain yang harganya lebih murah. Atau, jika Anda memang sangat membutuhkan barang berharga yang terbilang mahal, bagaimana jika membeli barang preloved? Selama Anda jeli, Anda bisa mendapatkan barang berkualitas baik tapi  harganya miring.
  4. Change your lifestyle! Kebiasaan yang sudah seringkali dilakukan tentunya tidaklah mudah diubah. Tetapi, Anda juga perlu mengetahui kemampuan diri sendiri sampai sejauh mana. Jika memang gaya hidup yang Anda jalani saat ini tidak sesuai kemampuan, maka tinggalkan perlahan. Bagaimana pun Anda harus bisa memenuhi kebutuhan utama, bukan hanya memuaskan gaya hidup saja. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares