Health

Agar Tim Kerja Anda Senantiasa Kompak

By  | 

None of us is as smart as all of us.” Ken Blanchard. Yes Mams, kecerdasan dan kapabilitas Anda atau anggota tim lain mungkin memang sudah maksimal. Namun jika tak diimbangi dengan teamwork yang baik dan kompak, sudah pasti hasil dan output pekerjaan tidak akan maksimal bagi perusahaan. Mengapa demikian? Secerdas apapun Anda di bidang yang Anda geluti, ilmu pengetahuan juga akan terus bertambah dan ada hal yang mungkin tidak Anda kuasai kan Mams. Nah tim kerja yang Anda miliki dapat mengisi kekurangan Anda sekaligus memberi ide-ide segar yang dapat digunakan guna mencapai tujuan perusahaan. Agar teamwork yang Anda pimpin di tempat kerja tetap kompak, yuk lakukan hal ini:

  • Kenali dengan mendalam semua anggota tim Anda. Hal ini sangat penting lho Mams, dengan mempelajari lebih dalam mengenai karakter dan cara kerja seluruh anggota tim, Anda akan lebih mudah mengatur mereka. Dan tentu saja Anda tidak bisa dikelabui siapapun. Karena setiap anggota tim tentu memiliki sifat dan tujuan masing-masing. Ada yang memang rajin tapi tidak suka menonjolkan diri, ada juga yang gemar mencari muka di hadapan Anda. Nah yang seperti ini harus diawasi dengan karena mereka cenderung oportunis dan tak ragu menjatuhkan serta mencuri ide orang lain.
  • Bagi peran dan deskripsi pekerjaan untuk masing-masing anggota dengan jelas. Kedengarannya mudah ya Mams, namun ternyata ini adalah hal paling sulit. Tetapi jika poin pertama sudah Anda jalankan, hal ini akan jauh lebih gampang. Dengan mengenal kemampuan serta bakat dan karakter masing-masing anggota tim kerja, Anda akan lebih aware dalam memberikan pekerjaan dan tanggung jawab pada masing-masing anggota tim.
  • Sering berdiskusi dan berdialog. Diskusi santai dengan para anggota tim dapat membuat Anda mengetahui kendala serta feedback atas tugas dan tanggung jawab yang Anda berikan padanya. Sesekali tak ada salahnya mengajak para anggota tim untuk berdiskusi di luar kantor agar lebih santai. Dengan begitu, info yang Anda dapatkan akan lebih jujur.
  • Memberi reward dan merayakan kesuksesan. Tak ada yang lebih berarti dari seorang pekerja selain hasil kerjanya dihargai. Sebuah reward berupa pujian dan rasa terima kasih saja sudah cukup membuat mereka lebih semangat lho Mams. Namun, jika kesuksesan yang diraih sangat besar, tak ada salahnya rayakan hal itu dengan outing Traveling bersama juga dapat menjadi kunci kekompakan teamwork. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares