Finance

Cara Menyisihkan Dana Liburan

By  | 

Selain ‘melarikan diri’ dari stres dan kejenuhan akibat aktivitas padat sehari-hari, liburan juga dapat menjadi sarana bonding time bersama keluarga lho, Mamas. Di destinasi belibur, Anda dan keluarga dapat menghabiskan waktu bersama tanpa gangguan. Manfaat lain liburan adalah memberi wawasan serta ilmu pengetahuan yang lebih banyak untuk Si Kecil. Nah, agar Anda dan keluarga dapat berlibur secara rutin, sebaiknya Anda menyisihkan dana untuk berlibur secara teratur dan terperinci. Bagaimana caranya? Yuk simak tip Smart Mama berikut.

  • Tentukan nominal uang untuk disisihkan setiap bulan. Gabungkan penghasilan Anda dan pasangan lalu kurangi dengan kebutuhan primer serta kewajiban yang harus dibayar. Sisanya, Anda bisa membagi dana tersebut untuk alokasi liburan serta tabungan bulanan.
  • Cari destinasi berlibur serta menentukan durasi. Setelah Anda menentukan jumlah nominal untuk dana liburan setiap bula, kini saatnya Anda menentukan tempat berlibur. Caranya jumlahkan total nominal dikalikan dengan durasi menabung yang Anda lakukan. Dari hasil tersebut Anda akan mendapatkan sejumlah angka yang kemudian dapat menentukan destinasi serta durasi yang sesuai budget. Saran Smart Mama sebaiknya mencari destinasi yang dananya di bawah total tabungan agar Anda dan keluarga lebih leluasa berbelanja atau melakukan aktivitas lain di tempat berlibur.
  • Susun budget liburan yang fix. Menentukan destinasi dan durasi bisa diikuti dengan menyusun budget detail mulai dari transportasi, akomodasi, meals 3 kali sehari, tempat wisata, serta belanja. Cari info seakurat mungkin agar susunan budget yang Anda buat betul-betul
  • Menabung secepatnya dan kurangi pengeluaran tidak perlu. Jika Anda sudah menyusun budget, segera saja menabung ya Mams, dan batasi pengeluaran yang tidak perlu. Jika biasanya Anda kerap makan di restoran yang cukup mahal atau hang out di café, ada baiknya muali kurangi kegiatan tersebut.
  • Jika tempat yang ingin Anda kunjungi di luar budget. Mamas, ada kalanya Anda ingin mengunjungi destinasi berlibur yang cukup jauh serta memakan biaya lebih banyak. Untuk menyiasatinya coba alokasikan dana THR serta bonus ke tabungan berlibur. Atau Anda harus menunggu lebih lama untuk mengunjungi tempat tersebut sampai tabungan betul-betul cukup.
  • Beli tiket dan akomodasi terlebih dahulu. Selain sangat krusial, biasanya jika dibeli jauh-jauh hari, Anda akan mendapatkan harga promo yang jauh lebih murah. Tidak masalah jika harus menggunakan kartu kredit untuk membeli keduanya. Tapi, pastikan Anda disiplin membayar cicilannya setiap bulan dari dana tabungan yang sudah dialokasikan untuk liburan. Enjoy your trip Mams! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares