Finance

Trik Berdiskusi Masalah Keuangan dengan Pasangan

By  | 

Menjaga komunikasi dalam rumah tangga sangatlah penting agar terhindar dari beragam konflik yang mungkin terjadi. Termasuk diantaranya berkomunikasi dalam hal keuangan keluarga.

Membicarakan masalah keuangan bisa jadi hal yang sensitif bagi siapapun. Termasuk dengan suami sendiri. Apalagi bila tak ada konsep keterbukaan dan saling pengertian di dalamnya. Baik masalah tagihan bulanan yang melonjak di luar perkiraan, hingga uang belanja bulanan yang sudah habis sebelum waktunya karena Anda terlalu boros, bisa jadi konflik dalam rumah tangga. Lalu bagaimana sebaiknya berdiskusi masalah keuangan dengan suami tanpa harus terjadi konflik? Berikut triknya:

1. Pilih momen yang tepat.

Ciptakan suasana hangat dan nyaman dengan bersantai dan mencari momen di mana mood suami sedang dalam kondisi baik. Dengan cara yang baik dan tenang, utarakan permasalahan keuangan yang sedang dihadapi.

2. Jangan pelit minta maaf.

Bila memang masalah keuangan terjadi akibat keteledoran Anda, maka janganlah bersikap egois. Akui kesalahan Anda dan ucapkan maaf sebagai tanda penyesalan Anda.

 

man upset after looking at card statement.

 

3. Terima konsekuensi.

Tentunya, jiwa mempertahankan diri ada dalam setiap manusia, namun bila memang Anda salah, maka turunkan ego dan terimalah segala konsekuensi yang ada. Wajar bila suami kecewa dan marah pada Anda. Apalagi bila nilai uang yang ‘hilang’ cukup besar dan sumber keuangan keluarga hanya tertumpu pada dirinya.

4. Ajukan solusi.

Jangan hanya datang padanya dengan masalah tanpa ikut memikirkan solusinya. Bila Anda tidak bekerja, maka Anda mungkin bisa menawarkan diri dengan memangkas jatah belanja Anda setiap bulan untuk membantu menutupi kebocoran keuangan yang ada. Namun bila Anda bekerja, bisa jadi solusinya lebih mudah. Seperti lebih berhemat dengan membawa bekal dari rumah, dan sebagainya.

5. Sadari dimana salahnya.

Ambil hikmahnya, baik itu kesalahan karena keteledoran Anda ataupun memang ada budget tak terduga yang mau tidak mau harus dikeluarkan saat itu. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi hal ini terulang kembali. Baiknya diskusikan dengan suami mengenai hal ini. Selain untuk menjaga komunikasi, segala sesuatu yang diputuskan bersama diharapkan akan mendatangkan hasil yang lebih baik. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares