Health

6 Trik Agar Balita Gemar Makan Sayur

By  | 

Banyak teman yang mengeluh pada saya, katanya anak balitanya tidak mau makan sayur. Dan ternyata Mams, jika Si Kecil mulai pilih-pilih makanan dan tidak menyukai sayuran, bisa saja ini disebabkan karena sejak kecil ia tidak dibiasakan makan sayur. Jadi bagi Anda yang tengah memiliki bayi yang sedang mengonsumsi MPASI, ini adalah saat tepat untuk mengenalkan sebanyak-banyaknya jenis makanan pada lidah Si Kecil. Ini termasuk beragam jenis sayuran ya, agar saat ia bertambah usia, ia tak menjadi anak yang pilih-pilih jenis makanan. Lantas apa yang bisa Anda lakukan jika Si Kecil terlanjur menolak segala jenis sayuran? Berikut 6 trik yang bisa Anda coba:

1. Beri contoh. Kelihatannya memang klise tapi memang ini yang harus Anda lakukan. Bagaimana Si Kecil mau makan sayur kalau Anda tidak makan sayur? Ingat ya Mams, Si Kecil akan melihat dan cenderung meniru banyak hal dari orang terdekat mereka.

2. Konsisten sajikan sayuran. Jangan mudah menyerah ya, Mams. Jika Si Kecil menolak makan sayur, sajikan dalam menu makan hariannya secara konsisten namun dengan porsi bertahap. Mulai dengan porsi kecil kemudian tingkatkan jumlahnya jika ia mulai menerima. Anda juga bisa menyajikan sayuran yang mulai ia suka dengan memberi variasi agar tidak mudah bosan.

3. Jus sayuran. Alternatif lain dalam memberikan Si Kecil sayuran adalah dalam bentuk jus. Wortel, brokoli, dan tomat adalah beberapa jenis sayuran yang bisa diolah jadi jus lezat dan sehat. Untuk menambah selera Si Kecil, Anda bisa tambahkan sedikit madu agar rasanya semakin enak.

4. Ajak Si Kecil ke supermarket. Jelajahi lorong bagian sayuran yang ada di supermarket sehingga anak Anda bisa melihat beragam buah dan sayur. Lalu, biarkan ia memilih jenis sayuran  yang akan disantap. Anak-anak akan senang melihat sayuran pilihannya menjadi bagian dari menu makannya.

5. Beri aneka pilihan. Cukup hidangkan dua atau tiga jenis sayuran berbeda dalam jumlah sedikit di piring makan anak Anda. Aneka jenis makanan justru menjadi kunci dari banyaknya asupan gizi. Mengonsumsi tiga jenis sayur masing-masing satu sendok jauh lebih baik daripada tiga sendok satu jenis sayur.

6. Beritahu manfaat sayuran. Untuk lebih memotivasi Si Kecil, Anda bisa juga ceritakan manfaat sayuran dengan bahasa yang mudah dipahami. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)
 

 

Shares