Health

5 Aturan Mencuci Baju & Perlengkapan Bayi

By  | 

Kulit bayi sangat sensitif, sehinga perlu diperhatikan betul tentang perawatan baju dan perlengkapan yang digunakan agar tidak terjadi alergi atau kulit kemerahan akibat gatal.

Berikut 5 aturan mencuci baju bayi:

  1. Cuci baju sebelum digunakan. Merupakan langkah preventif untuk mencegah alergi pada kulit bayi yang sensitif, terutama untuk baju baru, meski masih terbungkus rapi dengan plastik, tidak menjamin bebas dari kuman, debu, ataupun senyawa berbahaya lainnya.
  2. Perhatikan bahan pakaian. Tidak semua baju bisa dicuci menggunakan mesin cuci; perhatikan tag brand dan petunjuk pencuciannya.
  3. Pisahkan popok kain. Popok dengan urine mengandung bakteri lebih banyak daripada baju – baju lainnya. Ada baiknya mamas mencuci popok kain setiap hari untuk membunuh bakteri dengan segera.
  4. Rendam & segera cuci baju yang bernoda. Tumpahan MPASI, gumoh, susu, atau muntah bisa saja memberikan noda pada pakaian Si Kecil. Alih – alih mendiamkannya, segera rendam dan cuci bersih baju dengan noda agar lebih mudah dihilangkan.
  5. Pilih detergen & softener bebas bahan alergi & pengawet – khusus untuk bayi. Detergen cair menjadi pilihan karena sifatnya yang mudah dibersihkan daripada detergen bubuk, sehingga menurunkan risiko kulit bayi mengalami iritasi. Tersedia dalam beragam varian wangi natural yang segar!
Rangkaian produk detergen, dishwash/bottlewash yang aman bagi bayi

Ivly Nature, baby laundry detergent yang bebas dari 26 bahan pencetus alergi sesuai standar Eropa, 100% plant based dengan harga yang terjangkau & hemat, serta telah tersertifikasi eco label sehingga aman digunakan & membantu mengurangi risiko kulit bayi iritasi.

5 Langkah Mencuci Botol Bayi

  1. Cuci tangan sebelum mencuci botol bayi menggunakan Ivly Nature Handwash yang mengandung moisturizer dan 99,9% anti bakteri.
  2. Pisahkan seluruh bagian botol, khususnya dot bayi; lalu bilas dulu dengan menggunakan air mengalir.
  3. Tempatkan seluruh bagian botol di wadah yang telah berisi air panas.
  4. Sikat semua bagian botol dengan sabun khusus Ivly Nature Dishwash & Bottlewash karena lemak susu biasanya lebih pekat dari makanan sehingga membutuhkan formula khusus yang aman bagi kesehatan Si Kecil.
  5. Bilas dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.
Rangkaian produk Ivly Nature Baby Diswash/Bottlewash/Handwash

Tentu mamas memiliki trik & tips tersendiri dalam merawat pakaian & perlengkapan Si Kecil di rumah, ya. Yuk sharing melalui kolom komentar tentang pengalaman Anda dalam mencuci baju & perlengkapan bayi untuk mencegah iritasi & bakteri selama ini? 4 Mamas yang beruntung akan mendapatkan paket produk dari Ivly Nature. Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui akun sosial media @thesmartmamas pada tanggal 15 April 2019. Happy Sharing! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, dok. Ivly Nature)

Shares