Mind

Yang Harus Dilakukan Jika Sahabat Anda Keguguran

By  | 

Mamas, kita memang tidak pernah tahu ya apa yang akan terjadi di kemudian hari. Bisa saja saat Anda dan sahabat sama-sama bahagia kala Anda berdua dinyatakan hamil. Tahu-tahu sang sahabat harus kehilangan bayi dalam kandungannya karena sesuatu hal. Sebagai seorang sahabat, tentu saja Anda bingung ya harus bersikap seperti apa. Ingin menghibur, tapi sikap Anda justru membuat ia semakin sedih. Yuk, simak tip dari smart mama yang pernah mengalami kasus keguguran, agar Anda tidak salah langkah saat menghibur si sahabat.

  • Keep it simple. Ia sudah cukup terpukul dengan kondisi yang dialaminya, daripada Anda ikut menangis bersamanya, mungkin ada baiknya Anda mengucapkan kata-kata yang simpel. Cukup dengan berada disebelahnya dan siap menjadi tempat ia mencurahkan isi hati, sahabat Anda akan cukup terhibur kok.
  • Memberi tribute untuk Si Bayi. Yes Mams, membuat sebuah lukisan atau mengabadikan hal lain sebagai tribute untuk Si Kecil akan membuat ia terharu sekaligus terhibur karena ada sebuah barang yang dapat dikenang selamanya.
  • Jangan ucapkan kata-kata yang terlalu klise. Kata-kata seperti “Kan bisa dicoba lagi” atau “Ini sudah takdir” tak perlu Anda ucapkan. Selain tidak membantu, ucapan-ucapan seperti itu terasa seperti basa basi.

Sad woman looking rain through a window

  • Bawakan makanan favoritnya. Meski ia sedang berduka dan pastinya kurang napsu makan, tak ada salahnya mencoba membawakan sesuatu yang ia sukai agar lebih bersemangat. Dan perhatian Anda tersebut pasti tak terlupakan.
  • Jangan bicarakan apapun tentang kehamilan selama beberapa waktu. Anda yang tengah hamil tentu excited membicarakan seputar kehamilan. Namun tentu saja Anda harus menjaga perasaan sang sahabat, lebih baik Anda bernostalgia seputar masa lalu seru yang pernah dialami bersama.
  • Tak ada salahnya sesekali Anda memancing apa yang ia rasakan. Bertanya tentang kesedihannya dan membuat ia meluapkan rasa sedih akan membantu proses healing.
  • Jangan tersinggung jika sementara waktu ia tidak ingin berjumpa dengan Anda. Hal ini mungkin saja terjadi mengingat Anda tengah hamil. Tentu menyakitkan baginya melihat perut Anda yang kian hari kian membuncit. Ada baiknya Anda tetap memberi perhatian lewat message atau telepon. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares