Education

Cara Asyik Jelaskan Pemilu Pada Anak

By  | 

Hi Mams! Pemilihan Umum 5 tahun sekali akan kembali digelar. Jika anak – anak bertanya, “Apa itu Pemilu?” – Sudahkah Anda siap menjelaskannya?

Penjelasan Saykoji tentang Pemilu pada putranya

Rapper Saykoji melalui video musik kreatifnya mengajak sang putra Aaron yang terlibat percakapan dalam menjelaskan tentang Pemilu yang berlangsung di Indonesia.

Pemilu merupakan sebuah kegiatan untuk memilih wakil – wakil rakyat di tiga lapisan yaitu Eksekutif (Presiden & Wakil Presiden), Legislatif (Anggota MPR, DPR & DPD), serta Yudikatif (Anggota Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi & Komisi Yudisial) untuk menjalankan pemerintahan.

Saykoji & kids

Dalam Pemilu, para pemilih dalam Pemilu akan disebut konstituen, dan kepada merekalah para peserta Pemilu menawarkan program – programnya pada masa kampanye. Kampanye dilakukan selama waktu yang telah ditentukan, menjelang hari pemungutan suara.

Dan, masing – masing kandidat yang akan dipilih diusung oleh partai – partai politik: Organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk atas dasar kesamaan visi & tujuan untuk membela kepentingan bangsa Indonesia.

Nilai – nilai dalam Pemilihan Umum

Yang tidak kalah penting untuk dikenalkan kepada anak – anak adalah nilai – nilai yang terkandung di dalam pelaksanaannya: Jujur & adil. Selain itu juga menghargai pilihan orang lain serta berfokus pada tujuan bersama. Well, overall, Pemilihan Umum merupakan pesta demokrasi yang secara langsung dapat memperkenalkan konsep demokrasi terbuka pada kita semua, termasuk mereka generasi mendatang. Jadi, mari kita sambut dengan suka cita! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares