Interior Design

Tren Warna Ramadan Sarat Makna dari Nippon Paint

By  | 

Ramadan, momen yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Perubahan suasana di bulan yang istimewa ini semakin terasa tak hanya dalam aktivitas religi namun juga dapat tercipta melalui sentuhan warna baru di dalam rumah. 

Kehangatan Ramadan tahun ini terwujud dalam Tren Warna Ramadan persembahan Nippon Paint dengan mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal.

Awal Maret, Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia dalam peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 yang berlangsung di Samisara Grand Ballroom, mengatakan, “Nippon Paint Indonesia, selalu berkomitmen untuk hadirkan sentuhan warna kehidupan dalam momen Ramadan. Tahun ini, Nippon Paint menghadirkan atmosfer alam  yang bisa menjadi pilihan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual.”

Keempat tema warna yang diluncurkan terinspirasi dari keindahan alam yang seirama dengan indahnya bulan suci Ramadan: ‘Teduhnya Ibadah’ (Find Calm), ‘Sukacita di Hari Kemenangan’ (Find Freedom), ‘Harmoni Kebersamaan’ (Find Balance), dan ‘Kembali Murni’ (Find Renewal). 

Mark Liew menjelaskan lebih lanjut mengenai makna di balik empat tema warna tersebut, “Untuk Find Calm kami menawarkan pilihan warna netral untuk  memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian Find Freedom untuk  referensi warna cerah, ceria  dan segar. Lalu Find Balance, bagi Anda yang mengutamakan nuansa elegan. Serta Find Renewal yang menyuguhkan warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaharuan.”

Mengenai tren warna bernuansa alam, sebagaimana dikatakan oleh Grace Hartanti – Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab, “Warna-warna alam banyak disukai, karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan tetapi tetap elegan. Sehingga warna-warna ini dapat memberikan rasa rileks dan kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama bulan Ramadan.”

Lalu sejauhmana penggunaan warna-warna alam pada sebuah bangunan dapat memberikan efek psikologis pada penghuninya? Grace memaparkan bahwa penggunaan warna-warna alam dalam desain interior atau eksterior bangunan tentu dapat membawa dampak psikologis terhadap penghuninya di antaranya; meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan koneksi dengan alam sehingga dapat membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

Menanggapi empat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint, Aghnia Fuad, sebagai seorang  praktisi Interior Designer/Principal Designer Suasana Studio, turut memberikan pendapat profesionalnya bahwa keempat tema warna tersebut dapat saling melengkapi. “Range warna yang luas dapat memberikan banyak pilihan bagi teman-teman yang mau merenovasi rumah dengan suasana yang berbeda. Pilihan warnanya juga versatile sehingga dapat diaplikasikan di berbagai ruang dengan fungsi yang berbeda.

Berbicara mengenai pengaruh cat terhadap sebuah ruang, Aghnia memaparkan bahwa point penting untuk menciptakan suasana yang tepat pada suatu ruang adalah pada pemilihan warna cat. “Walaupun perbedaannya sangat tipis tapi pemilihan warna yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu ruang,” urainya.

Melalui warna baru ini,  semoga bisa menjadi solusi bagi para pemilik rumah yang ingin menghadirkan nuansa berbeda dalam menyambut momen di bulan suci. (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. Nippon Paint)

Shares