Beauty & Style

GreenPan, Panci Sehat Anti PFAS Penyebab Kanker yang Wajib Dimiliki Mama

By  | 

PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances) merupakan substansi kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Sayangnya, masih banyak peralatan masak yang mengandung PFAS beredar di pasaran.

Mams, pernahkah terbayangkan gaya hidup sehat yang Anda junjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga Anda di rumah menjadi sia-sia? Jika penyebabnya karena kegemaran mengonsumsi makanan olahan atau ‘jajan’ junk food, mungkin ini kebiasaan yang masih bisa dikontrol. Namun bagaimana bila tanpa kita sadari, peralatan masak yang kita pakai sehari-sehari di dapur lah yang jadi penyebabnya?

Mungkin Mams akan bertanya-tanya, bagaimana perlengkapan masak dapat turut berkontribusi mengganggu kesehatan keluarga? Tentunya sangat bisa, Mams. Apalagi sampai saat ini masih banyak alat-alat masak seperti panci, penggorengan, bahkan rice cooker yang masih menggunakan lapisan anti-lengket berbahaya.

Salah satu unsur yang paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances). Yaitu sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair). Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, dan otomotif. Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping, di antaranya gangguan hormon tiroid hingga kanker (berdasarkan data dari makalah “Temu Wicara Program Studi Magister Teknik Air Tanah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan Jacobs Engineering,2021).

PFAS dinyatakan berbahaya karena risikonya terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas yang berlebih, dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak. Maka sia-sialah semua makanan sehat yang Mams sajikan untuk keluarga di rumah, jika masih menggunakan peralatan masak yang mengandung PFAS. Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, PFAS bisa dibilang merupakan silent toxic bagi tubuh.

GreenPan by Sesa

Hal inilah yang mendorong Sesa, sebagai sebagai perusahaan yang memproduksi, menjual dan mendistribusikan produk sehat, untuk menghadirkan GreenPan sebagai jawaban dari masalah tersebut.

GreenPan adalah brand panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami. Lapisannya yang aman bagi kesehatan dinamakan Thermolon, yang terbuat dari bahan turunan pasir, sehingga tidak memerlukan bahan kima beracun seperti PFAS dan PFOA dalam proses produksinya.

“Karena terbuat dari bahan alami dan 0% racun, GreenPan 100% sangat aman jika bereaksi dengan panas seperti terkelupas atau tidak sengaja terbawa masuk ke dalam masakan. Jadi selain tetap dapat menyajikan masakan bergizi, para mama juga tak peru khawatir akan bahaya karsinogenik pemicu kanker yang terbawa masuk ke dalam tubuh,” ungkap Reni Rahmawati, Ahli Gizi dari Sesa.

Sebagai pelopor panci penggorengan berlapis keramik, GreenPan menjadikan Thermolon sebagai lapisan penghantar panas terbaik yang pernah diciptakan. Selain tahan panas hingga 450 derajat celcius, Thermolon memungkinkan Anda memasak cepat dengan lower heat sehingga hemat energi, namun dengan hasil maksimal.

Bahan keramik antilengketnya juga tidak memerlukan banyak margarin atau minyak untuk menggoreng, serta secara mudah dapat dibersihkan dengan kain lembut dan air sabun tanpa menggosok berkali-kali.

Aman Bagi Calon Mama & Breastfeeding Mama

Karena tidak ada bahan kimia berbahaya seperti PFAS  dan PFOA yang terlepas saat dipanaskan, maka GreenPan juga sangat wajib dimiliki oleh calon mama, breastfeeding mamas, serta Si Kecil yang sudah memasuki masa MPASI.

“Tentunya dengan reputasi sebagai inovator panci berlapis keramik antilengket, Kami berharap GreenPan dapat menjadi solusi bagi para mams yang kerap khawatir akan keamanan peralatan masaknya,” jelas Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA.

GreenPan sudah tersedia di platform e-commerce produk gaya hidup sehat SESA.ID yang merupakan salah satu unit bisnis yang bernaung di bawah bendera SESA. Ingat ya Mams, kesehatan keluarga itu dimulai dari pilihan mama. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. GreenPan)

Shares