Style

Bagaimana Bila Si Balita Suka Memakai Makeup?

By  | 

Melihat Anda berdandan, bisa jadi Si Kecil jadi penasaran dan ingin ikut-ikutan memakai makeup sang mama.

Serunya punya anak perempuan, Anda bisa mendandani Si Kecil dalam banyak gaya. Namun bagaimana bila Si Kecil juga ingin memakai makeup seperti Anda?

Bisa jadi Anda akan bingung bagaimana menanggapinya. Apakah harus melarangnya, atau memperbolehkan Si Kecil ikut menggunakan makeup milik Anda? Belum lagi memikirkan efek makeup pada kulit Si Kecil.

Faktanya, ternyata hal ini sangat wajar, terlebih untuk kelompok usia balita atau pra-sekolah. “Di usia ini anak sedang berada pada fase dimana ia suka meniru orang-orang dewasa di sekitarnya. Mereka akan meniru siapapun sosok yang mereka anggap sebagai role model. Bisa orangtua, kakak, atau tokoh idola yang mereka lihat di televisi atau pun media lainnya,” jelas Psikolog Denrich Suryadi, M.Psi.

Sehingga tak heran, ketika Si Kecil melihat Mamas setiap hari menggunakan makeup di depannya, ia pun jadi penasaran & ingin mencoba hal yang sama seperti yang Anda yang lakukan. 


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Mamas lakukan untuk memastikan agar ‘hobi’ dandan Si Kecil tetap aman untuknya:

1.Pastikan makeup yang digunakan adalah makeup yang khusus untuk anak-anak. Kulit anak-anak berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit mereka cenderung masih sensitif. Karena itu Mamas harus memastikan makeup yang digunakan oleh Si Kecil formulanya aman untuk anak-anak. Jadi, jangan samankan dengan makeup milik Anda. Teliti sebelum membeli ya Mamas, pastikan makeup pilihan untuk Si Kecil sudah mempunyai ijin edar dari Badan Pengawas Obat & Makanan. Selain itu, jangan lupa pastikan pula tanggal kadaluarsa nya masih panjang. Salah satu pilihan makeup anak yang bisa Anda berikan untuk Si Kecil adalah Amara Kids Cosmetics. Amara mempunyai rangkaian makeup anak yang lengkap, dari makeup kit, mini lipstick, spray cologne, hingga nail polish.

2.Selalu dampingi Si Kecil ketika dia bermain makeup. Selain memastikan cara pakainya sesuai dengan anjuran yang ada dalam kemasan, di momen ini Mamas juga bisa memanfaatkannya untuk menanamkan hal-hal baru yang bersifat positif untuk Si Kecil. Beritahukan pada Si Kecil, bahwa maksud Anda berdandan adalah untuk membuat Anda tampil rapi, bersih, menarik, dan serasi. Bukan hanya area wajah yang menjadi perhatian, melainkan juga pakaian yang dikenakan. Mamas juga bisa memberikan tips pada Si Kecil tampilan seperti apa yang cocok ketika akan pergi ke sekolah, pergi ke mall, pergi ke rumah saudara, atau ketika akan tidur.

3.Ingatkan Si Kecil untuk membersihkan wajah setelah selesai bermain makeup. Hal ini untuk memastikan kesehatan kulit Si Kecil tetap terjaga dan terhindar dari iritasi kulit. Mamas bisa membantu Si Kecil saat membersihkan riasannya sekaligus menanamkan tentang pentingnya membersihkan wajah supaya kesehatan kulitnya terawat dan Si Kecil menjadi terbiasa untuk rajin membersihkan muka hingga dewasa nanti. Jangan lupa gunakan juga pembersih muka yang aman untuk anak ya Mamas. Biasanya untuk makeup khusus untuk anak, Mamas cukup menghapusnya menggunakan air atau baby oil.

Nah, sekarang Anda tak perlu khawatir dan bingung lagi saat menghadapi Si Kecil merengek minta bermain makeup ya, Mamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik, Amara)

Shares