Parenting

Trik Melatih Kesabaran Si Kecil

By  | 

Mengajarkan kesabaran pada Si Kecil sangatlah penting. Mamas sudah bisa mulai mengenalkan hal ini sejak Si Kecil berusia balita.

Menunggu bukanlah hal yang menyenangkan, termasuk bagi Si Kecil. Menunggu antrian saat membeli ice cream, menunggu kapan ia bisa bermain, hingga membuka hadiah ulang tahunnya adalah hal yang sudah pasti sangat sulit dilakukan oleh Si Balita.

Si Kecil yang tak sabaran bisa jadi akan terus merengek meminta hal yang ia inginkan. Karena itu, yuk kita ajarkan Si Kecil bagaimana caranya bersabar!

“Sebagai orangtua tentunya Anda ingin Si Balita dapat mengembangkan rasa toleransinya agar bisa lebih bersabar. Sehingga nantinya mereka tak akan mudah bertindak impulsif ketika menghadapi hal semacam itu di masa depan,” ujar Michael Osit, penulis buku Generation Text: Raising Well-Adjusted Kids in the Age of Instant Everything.

Lalu bagaimana caranya? Simak 3 cara bagaimana melatih kesabaran Si Balita, disini:

1.Biarkan Si Kecil merasakan pengalaman menunggu.

Mamas, biasakan untuk tak selalu memberikan semua hal yang diinginkan Si Balita di saat yang sama saat ia memintanya. “Biarkan Si Kecil merasakan ketidaknyamanan dari yang namanya menunggu. Karena hal itu adalah cara yang harus ditempuh supaya ia menjadi lebih baik,” saran Dr. Osit.

2.Ajak ia memainkan permainan yang menguji kesabaran.

Mamas juga bisa melatih kesabaran Si Balita dengan mengajaknya bermain lego dan puzzle yang membutuhkan kesabaran. Kedua permainan ini membutuhkan proses dan dapat melatih kesabarannya. Selain itu, mengajak anak bercocok tanam dengan menanam benih bunga yang membutuhkan penyiraman rutin dan melibatkan Si Kecil untuk melihat sendiri proses tumbuh tanaman, juga bisa jadi cara yang tepat untuk mengajarkan kesabaran.

3.Puji kesabarannya.

Tunjukkan dukungan Anda atas usahanya untuk sabar dengan mengatakan, “Mama mengerti bagaimana rasanya berdiri di sini menunggu antrian ice cream kesukaanmu. Kamu sedang melakukan hal yang hebat lho. Kamu sedang sabar.” Ketika Mamas memuji usaha Si Kecil untuk meperjuangkan sesuatu, dia akan merasa bangga dan akan cenderung untuk berjuang lebih keras. Jadi jangan lupa berikan pujian ketika mereka yang telah bersabar. (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares