Relationship

Menyikapi Pasangan yang Kerap Lari dari Masalah

By  | 

Menyelesaikan masalah dalam rumah tangga, tentunya harus dilakukan bersama dengan pasangan. Tapi bagaimana bila pasangan kerap menghindar dari masalah?  

Dalam setiap pernikahan, tentu tak akan luput dari masalah. Beragam konflik dan adu argumen sudah menjadi hal yang lumrah dalam rumah tangga, apalagi bila Anda dan pasangan memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda. Menghadapi kondisi ini tentunya akan lebih mudah bila kita bisa menyelesaikannya bersama-sama.

Namun sayangnya tak semua pasangan bisa melakukannya. Karakter setiap orang memang berbeda-beda, ada yang ingin menyelesaikan masalah sesegera mungkin, namun ada juga yang justru menghindar. Tentunya selain tak akan menyelesaikan masalah, lari dari masalah bisa jadi justru memperburuk kondisi yang ada. Bila ternyata pasangan Anda atau bahkan Anda sendiri adalah tipe yang seperti itu, membiarkan sifat seperti ini bukanlah hal yang baik ya, Mamas.

Menghadapi Pasangan yang Kerap Lari dari Masalah

Pasangan yang memilih selalu diam saat terjadi konflik dan cenderung lari dari masalah, tentu akan membuat Anda gemas dan ingin terus mendesaknya agar mau bicara atau bertindak. Namun ternyata cara ini tak dibenarkan. “Berhati-hatilah, memaksa dan memojokkan tipe yang demikian seperti mematik bom waktu yang tiba-tiba meledak,” jelas Dr. Cecilia D’Felice, Relationship and Family Expert.

Cecilia mengatakan bahwa tipe orang seperti pasangan Anda membutuhkan suasana kondusif saat mencari solusi. Karena itu, ajaklah ia berdiskusi berdua saja dengan nada bicara yang tenang. Ketika Mamas berbicara dengannya, pastikan penjelasan dan argumen Anda masuk akal. Namun bila kondisi yang ada adalah sebaliknya, dimana justru Anda adalah orang lebih memilih diam dan lari dari masalah, maka sebaiknya Anda mulai mendengarkan penjelasan dan keluh kesah pasangan Anda.

Dengarkan penjelasan pasangan dan sampaikan apa yang menganjal dan mengganggu pikiran Anda padanya. “Latih diri Anda untuk lebih ekspresif dan tidak menghindari masalah. Hubungan Anda bisa jadi justru akan mengarah pada perpisahan ketika semua masalah dihadapi dengan lari dari masalah,” urai Cecilia.

Kesimpulannya, Seperti apapun beratnya masalah Anda dan suami, jangan pernah menghindar dari masalah. Hadapi dengan tenang tanpa emosi, dan selesaikan dengan kepala dingin. (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares