Style

Tips Mengajarkan Si Kecil Berenang Sejak Dini

By  | 

Berenang memiliki banyak manfaat bagi anak. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, perkembangan sosial anak juga semakin berkembang.  

Untuk kesehatan, olahraga renang dapat membantu menjaga kesehatan sistem jantung, paru, meningkatkan kelenturan dan kebugaran tubuh. Bahkan menurut para ahli, berenang secara rutin dapat menjaga berat badan anak agar lebih ideal.

Walau begitu, bukan berarti olahraga ini aman dilakukan anak di luar pengawasan orangtua. Mengingat tingginya kasus tenggelam di kolam renang, maka ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian mamas dan papas saat mengajarkan Si Kecil berenang.

Tips mengajarkan anak berenang dengan aman

Dilansir dari American Red Cross, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengajarkan Si Kecil berenang. Berikut caranya:

1.Kenalkan Si Kecil dengan air

Tujuan awalnya adalah untuk membuat Si Kecil merasa nyaman berada di dalam air dan mengurangi rasa takutnya. Ajak Si Kecil bermain di pinggir kolam terlebih dahulu, setelah ia merasa nyaman, lanjutkan dengan mulai mengenalkan dasar-dasar berenang. Dari mulai mengambil nafas saat berada di dalam air, lalu dilanjutkan dengan gerakan lainnya.

2.Ajak anak ke dalam kolam renang

Setelah ia menguasai gerakan dasar di atas, perlihatkan seperti apa gerakan meluncur, mengayuh, menyelam sebentar, tahan napas, dan bagaimana keluar dari kolam renang. Setelah itu, lanjutkan dengan mengajak anak masuk ke dalam kolam renang dan minta Si Kecil melakukan hal yang sama dengan bantuan Anda.

3.Mengenalkan teknik gaya renang

Setelah anak sudah memiliki keberanian melakukan gerakan-gerakan tadi, mulailah untuk mengajarkan teknik gaya renang. Bisa dimulai dengan memberikan pelatihan tendangan kaki gaya bebas atau gaya dada, dilanjutkan dengan gerakan tangan, dan gaya-gaya renang yang lainnya secara bertahap. Harap bersabar saat mengajarkan Si Kecil berenang ya mamas. Tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengajarkan anak berenang.

4.Gunakan perlengkapan berenang

Kacamata berenang ataupun aksesori berenang lainnya juga bisa mamas kenakan pada Si Kecil saat ia belajar berenang. Aksesori-aksesori ini bisa mendukung Si Kecil bejar berenang, apalagi bila desainnya menarik perhatian Si kecil.

ZOGGS

Didirikan di Australia, Zoggs merupakan brand perlengkapan renang inovatif yang akan mendukung Si Kecil dalam belajar renang. Tak hanya kacamata renang, Zoggs juga memiliki beragam koleksi lainnya untuk anak dan dewasa seperti pakaian renang hingga peralatan renang lainnya.

Diantara beragam koleksi Zoggs, mamas bisa memilih dua perlengkapan berikut ini untuk mendukung Si Kecil dalam belajar berenang, yaitu:

1.Hologram goggle, merupakan kacamata khusus renang yang dilengkapi dengan visual hologram yang tidak akan mengganggu pandangan anak saat sedang berenang. Kacamata renang dengan tiga pilihan karakter favorit anak ini, yaitu Wonder Woman, Batman dan Superman, memiliki perlindungan UV maksimum dan anti-kabut fogbuster. Selain itu, Hologram Goggle ini juga dilengkapi dengan frame soft-seal hypoallergenic yang membentuk kontur wajah sehingga pas dikenakan oleh setiap anak (kecuali Wonder Woman)

2.Kickboard. Dirancang untuk meningkatkan teknik tendangan dan membangun kekuatan dalam berenang, Zoggs Kickboard ini terbuat dari EVA foam dengan kepadatan tinggi sehingga tahan lama. Kickboard yang diperuntukkan bagi anak usia 3-12 tahun ini sangat ideal digunakan sebagai alat bantu Si Perenang Cilik. Sama seperti Hollogram Goggle, Si Kecil juga bisa memilih salah satu karakter yang ia sukai, yaitu Wonder Woman, Batman, dan Superman.  

Kedua produk tadi bisa mamas dapatkan di semua store ELC atau baby shop lainnya. Mamas juga bisa membeli secara online di www.mothercare.co.id.

Wednesday Giveaway

Sharing yuk mamas, sejak usia berapa mamas mengajarkan Si Kecil berenang dan apa tipsnya? Jawab di kolom comments ya, mams! Tiga orang mamas yang beruntung akan mendapatkan produk dari Zoggs. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 29 September 2019 di Instagram stories @thesmartmamas. Good luck, mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Zoggs)

Shares